kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,42   6,96   0.76%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tiga Masalah Keuangan yang Dialami Milenial


Selasa, 27 April 2021 / 12:00 WIB
Tiga Masalah Keuangan yang Dialami Milenial


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Indah Sulistyorini

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Generasi milenial kerap dipandang kesulitan mencapai kemandirian finansial. Hal ini umumnya disebabkan oleh tiga hal.

Pertama, minimnya pemahaman tentang konsep dasar finansial menyebabkan banyak milenial mengambil keputusan finansial yang kurang tepat. Sebagai contoh, investasi mengikuti tren tanpa memiliki pemahaman dasar, pemahaman kapan waktu yang tepat untuk mempersiapkan dana darurat, proteksi, atau investasi.

Kedua, budaya konsumtif, khususnya pada pengalaman (experience) menjadi masalah bagi kaum milenial di era sekarang. Generasi sebelumnya cenderung mempunyai kebiasaan lebih kepada membeli suatu barang atau berinvestasi pada barang yang tak bergerak. Namun, generasi milenial sekarang lebih mementingkan pengalaman. Contohnya, banyak anak muda yang suka travelling, menghabiskan waktu di restoran dan kafe, sedangkan tabungan yang mereka miliki sangat minim.

Baca Juga: Belajar Filosofi Investasi dari Nabi Yusuf

Ketiga, masih banyak milenial yang belum disiplin dalam menjalankan rencana keuangan yang ditetapkan. Hal tersebut terjadi karena generasi milenial menerapkan prinsip “kamu hanya hidup sekali” (you only live once/YOLO). Prinsip YOLO mengakibatkan banyak milenial tidak mempersiapkan dana darurat, apalagi berinvestasi.

Nah, buat Anda yang tergolong generasi milenial dan masih senang berfoya-foya, lebih baik berpikir untuk memulai investasi dari sekarang. Investasi nggak hanya bikin kamu lebih kaya di masa depan, tetapi juga dapat dijadikan solusi untuk menghindari perilaku konsumtif.

Milenial bisa mengikuti program deposito dari J Trust Bank. Bulan ini J Trust Bank mengadakan program Let's 1,2,3, yang menawarkan tiga keuntungan bunga deposito dengan penempatan deposito tiga kali dalam satu periode. Hanya dengan menempatkan deposito minimum Rp20 juta, nasabah akan memperoleh suku bunga deposito spesial yang lebih tinggi dari suku bunga deposito biasa.

Nasabah harus menempatkan dana deposito sebanyak tiga kali berturut-turut dengan total penempatan Rp70 juta dalam satu kali periode.

Nasabah akan mendapatkan bunga deposito yang berbeda untuk setiap penempatan. Tenor yang dipilih dapat sama semua untuk tiga deposito atau dapat pula berbeda-beda (mix). Penempatan dana dapat diperpanjang satu kali lagi dengan penambahan dana baru.

Pada deposito pertama, nasabah menempatkan dana dengan nominal Rp20 juta dengan bunga deposito 5,75% per annum (p.a), deposito kedua Rp20 juta (6,0% p.a), dan deposito ketiga Rp30 juta (6.25% p.a). Adapun, jangka waktu penempatan dana yang tersedia 2,3,4,6 dan 12 bulan.

Untuk perpanjangan program ini, total paket dapat menjadi Rp140 juta dengan dana tambahan tetap yang merupakan dana baru. Program ini berlaku pada 1 April 2021 hingga 30 April 2021.

Untuk mengetahui lebih lanjut terkait program-program deposito J Trust Bank, silahkan kunjungi laman www.jtrustbank.co.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×