kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45796,41   1,08   0.14%
  • EMAS942.000 0,43%
  • RD.SAHAM 0.14%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.04%

Tingkatkan layanan, BPJS Kesehatan fokus lakukan pembaharuan


Selasa, 07 Januari 2020 / 19:53 WIB
Tingkatkan layanan, BPJS Kesehatan fokus lakukan pembaharuan
ILUSTRASI. Pegawai melayani warga di kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Jakarta Pusat, di kawasan Matraman, Jakarta, Selasa (5/11/2019). Tingkatkan layanan, BPJS Kesehatan fokus lakukan pembaharuan. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/pd.

Reporter: Annisa Fadila | Editor: Tendi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS) kesehatan punya fitur mobile JKN guna menunjang pelayanan masyarakat. Deputi Direksi bidang JPKR Budi Moh. Arief menjelaskan aplikasi ini memiliki banyak menu pilihan yang menyesuaikan dengan kebutuhan peserta BPJS.

Dengan hadirnya mobile JKN, nantinya peserta tidak perlu repot untuk datang lebih awal guna mengambil nomor antrean di rumah sakit. Sebab, dalam opsi mobile JKN nantinya peserta dapat melakukan pendaftaran serta turut mengambil nomer antrean guna melakukan pengobatan.

Baca Juga: Iuran BPJS Kesehatan naik 100%, 792.000 peserta ajukan penurunan kelas

“Caranya dengan men-download terlebih dahulu aplikasi, lalu registrasi. Dari antrean tersebut dia bisa mengetahui bisa datang jam berapa,” jelas Budi dalam acara penguatan komitmen pelayanan program JKN–KIS.

Lebih dalam, ia menyebutkan sebelumnya fitur JKN ini telah dilakukan uji coba di rumah sakit Margono Purwokerto. Hingga akhirnya, di tahun 2020 ini BPJS kesehatan secara bertahap akan mengembangkan sejumlah rumah sakit dengan menggunakan fitur mobile JKN itu sendiri.

Disamping itu, aplikasi mobile JKN ini turut dilengkapi dengan display tempat tidur. Hadirnya display tempat tidur diharapkan mampu menjawab keraguan peserta BPJS kesehatan. Lebih lanjut Budi menegaskan apabila peserta BPJS kesehatan mengunggah mobile JKN, maka secara otomatis nantinya akan terhubung ke app care.

“Dengan adanya display tempat tidur maka keraguan akan terjawab. Nantinya akan terhubung ke app care lalu nyambung ke mobile JKN. Di mobile JKN kalau dibuka akan ada tempat tidur. Maka nanti bisa kita lihat rumah sakit terdekat dari lokasi,” tambahnya.

Baca Juga: Kemenkeu pastikan tak ada anggaran tambahan untuk BPJS Kesehatan

Selain itu, fitur mobile JKN turut memberikan informasi jadwal operasi kepada penggunanya. Fitur ini tersedia sebagai sarana informasi mengenai jadwal tindakan atau operasi personal peserta yang terdiri dari informasi jadwal pelaksanaan, nama rumah sakit serta SMF.

“Di tahun 2020 secara bertahap akan mengembangkan sejumlah rumah sakit. Tahap awal akan coba 50 rumah sakit, dan nanti akan lakukan keberlanjutan di tahun 2020,” jelasnya.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×