kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45933,41   5,06   0.54%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Transaksi Livin’ dan Kopra Rp 21.000 Triliun, Sepertiga Perputaran Uang di Indonesia


Rabu, 01 Februari 2023 / 14:21 WIB
Transaksi Livin’ dan Kopra Rp 21.000 Triliun, Sepertiga Perputaran Uang di Indonesia
ILUSTRASI. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk berhasil mencatatkan nilai transaksi di kanal digital sekitar Rp 21.000 triliun di sepanjang tahun 2022./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk berhasil mencatatkan nilai transaksi di kanal digital sekitar Rp 21.000 triliun di sepanjang tahun 2022. Nilai itu datang dari platform digital Livin’ untuk ritel dan Kopra bagi Wholesale, dan cabang.

Direktur Treasury dan Internasional Bank Mandiri Panji Irawan menyatakan gross transaction volume (GTV) Kopra mencapai sekitar Rp 18.500 triliun atau setara dengan US$ 1,2 triliun. Lalu, GTV Livin’ dan kantor cabang mencapai Rp 2.500 triliun. 

“Bila digabungkan semua itu mencapai Rp 21.000 triliun atau ekuivalen US$ 1,4 triliun. Pada paparan Bank Indonesia, perputaran uang di Indonesia mencapai Rp 54.000 triliun. Makanya, sepertiganya terjadi di Bank Mandiri,” ujar Panji di sela-sela Mandiri Investment Forum 2023 pada Rabu (1/2). 

Baca Juga: Transaksi Digital Bank Semakin Berlari Kencang

Ia menyatakan transaksi ini akan terus meningkat di 2023 ini seiring upaya Bank Mandiri menaikkan transaksi digital. Seiring pengambangan model bisnis beserta jaringan Bank Mandiri yang sampai 2.300 unit belum lagi yang mikro. 

“Kita meyakini bisa naik transaksinya 10% tahun ini. Karena masih ada bank lainnya di industri ini,” papar Panji. 

Asal tahu saja, saat ini Livin’ by Mandiri telah diunduh lebih dari 22 juta kali dalam kurun waktu 15 bulan terakhir. Pertumbuhan pengguna Kopra by Mandiri, yang kini juga telah hadir dalam versi mobile app, juga meningkat hampir empat kali lipat dalam satu tahun terakhir menjadi 83 ribu pengguna.

Melalui serangkaian inovasi yang dilakukan dalam setahun terakhir, Livin' by Mandiri telah mampu melayani lebih dari 1,64 miliar transaksi finansial. Adapun, nilai transaksi Livin’ by Mandiri selama tahun 2022 telah menembus Rp 2.435 triliun atau tumbuh 48,4% dari periode tahun sebelumnya.

Pada periode yang sama, Wholesale Digital Super Platform Kopra by Mandiri, berhasil mengelola Rp 18.567 triliun transaksi hingga akhir tahun 2022 atau tumbuh 22% secara tahunan. Platform digital super lengkap yang dinikmati oleh beragam nasabah mulai dari pengusaha dari segmen korporasi, menengah hingga kecil atau UKM pun telah mampu melayani berbagai kebutuhan transaksi di manapun dan kapanpun. 

Tak berhenti berinovasi, Bank Mandiri pun konsisten memperluas layanan digital melalui Super App Livin’ by Mandiri. Tidak hanya di dalam negeri, kini aplikasi digital andalan Bank Mandiri sudah dapat dinikmati oleh nasabah yang berada di 118 negara mulai dari Amerika Serikat, Korea Selatan, Uni Emirat Arab, Singapura dan puluhan negara lainnya.

Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi mengatakan dengan kehadiran layanan bertajuk Livin’ Around the World, Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di luar negeri bisa secara mudah mengakses bahkan membuka rekening di Livin’ by Mandiri. 

Baca Juga: Tumbuh 48,4%, Transaksi Livin' by Mandiri Tembus Rp 2.435 triliun di Sepanjang 2022

"Bank Mandiri menjadikan seluruh layanan terdigitalisasi secara total untuk hadir sebagai one stop financial solution bagi nasabah, termasuk Livin' by Mandiri yang menyapa secara langsung masyarakat Indonesia di berbagai belahan dunia. Livin' pun kini hadir Around the World," tambahnya. 

Pun, Livin’ by Mandiri kini semakin lengkap dengan kehadiran fitur Livin’ Sukha yang menyajikan beragam kebutuhan gaya hidup (lifestyle) nasabah seperti pembelian tiket konser, pesawat, kereta api hingga pengajuan kredit, praktis di dalam satu aplikasi. 

“Kenyamanan nasabah dalam bertransaksi telah menjadi prioritas utama kami. Kini, digitalisasi Livin’ telah berhasil menghimpun seluruh solusi transaksi finansial hingga gaya hidup (lifestyle),”papar Darmawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×