kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.405.000   -9.000   -0,64%
  • USD/IDR 15.370
  • IDX 7.722   40,80   0,53%
  • KOMPAS100 1.176   5,28   0,45%
  • LQ45 950   6,41   0,68%
  • ISSI 225   0,01   0,00%
  • IDX30 481   2,75   0,57%
  • IDXHIDIV20 584   2,72   0,47%
  • IDX80 133   0,62   0,47%
  • IDXV30 138   -1,18   -0,84%
  • IDXQ30 161   0,48   0,30%

Transaksi Mobile Banking BCA Naik 30,8%, Begini Upaya BCA Tingkatkan Layanan


Rabu, 24 Juli 2024 / 16:11 WIB
Transaksi Mobile Banking BCA Naik 30,8%, Begini Upaya BCA Tingkatkan Layanan
ILUSTRASI. Mobile Banking BCA


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Putri Werdiningsih

KONTAN.CO.ID-JAKARTA. Aplikasi mobile banking milik PT Bank Central Asia (BCA) terus mencatatkan pertumbuhan transaksi. Terlebih, saat ini pembukaan rekening BCA dapat dengan mudah dilakukan via mobile banking

Dalam lima bulan pertama tahun 2024, kanal mobile banking BCA mencatat kenaikan frekuensi transaksi sebesar 30,8% YoY hingga mencapai 10,6 miliar.

EVP Corporate Communication & Social Responsibility, Hera. F. Haryn mengatakan, pada tahun 2024, BCA juga merencanakan budget dari capital expenditure (capex) BCA yang lebih besar dibandingkan tahun 2023 yakni sekitar Rp 8 triliun.

"Untuk tahun ini, alokasi terbesar capex masih digunakan untuk inovasi serta peningkatan kapasitas, termasuk dalam penggunaan teknologi yang mutakhir dalam standar pengamanan data maupun serangan siber," ujarnya.

Meskipun banyak nasabah yang nyaman menggunakan BCA mobile dengan segala fitur, saat ini pihaknya juga tengah mempersiapkan myBCA untuk menjadi aplikasi pelayanan terintegrasi masa depan.

Hera menyampaikan, BCA berkomitmen untuk terus memudahkan nasabah dalam bertransaksi, investasi, dan mengatur cashflow. Untuk itu, aplikasi myBCA telah dilengkapi dengan fitur biometric, transfer melalui QRIS transfer, kemudahan berinvestasi melalui fitur Welma, mengubah transaksi kartu kredit menjadi cicilan BCA, hingga Paylater BCA.Terbaru, myBCA telah dilengkapi dengan fitur Poket Valas yaitu kantong dana dalam mata uang asing yang terkoneksi dengan 1 rekening. 

Baca Juga: BCA Akan Umumkan Kinerja Semester I, Ini Proyeksi Bursa dari CGSI Sekuritas

Dari sisi keamanan, BCA disebut Hera senantiasa melakukan pengamanan dengan standar keamanan berlapis, manajemen risiko dan liability, serta akuntabilitas untuk menjaga data dan transaksi digital nasabah tetap aman. Pengamanan berlapis dilakukan melalui pendekatan people, process, dan technology

Untuk aspek people, BCA senantiasa memberikan edukasi dan sosialisasi terkait social engineering kepada nasabah melalui webinar, berbagai konten di media sosial dan website, kolaborasi dengan media nasional dan lokal, KOL, push ad (digital campaign) di media sosial, serta penempatan iklan edukasi di radio dan program dengan rating tertinggi di sejumlah stasiun TV nasional.

BCA juga kerap melakukan edukasi secara offline kepada sejumlah komunitas, termasuk komunitas masyarakat anti hoax seluruh indonesia dan pihak penyedia jasa TI rekanan BCA sebagai upaya untuk meningkatkan awareness atas keamanan siber.

Untuk aspek process, BCA menerapkan standar dan security policy yang memadai dalam menjaga keamanan dan kelangsungan operasional dan layanan BCA, Seluruh proses yang ditetapkan dan dijalankan sesuai dengan standar dan aturan yang telah ditetapkan oleh regulator (OJK dan BI), mengikuti framework security international misalnya NIST, dan sejalan dengan kebijakan cybersecurity yang ditetapkan oleh BSSN. 

Baca Juga: Simak Tingkat Kurs Dollar-Rupiah di BCA Hari Ini Rabu (24/7) dan Panduan Tukar Valas

Hera menjelaskan, BCA memiliki security operation center yang beroperasi 24x7 untuk memantau keamanan sistem serta aset-aset BCA secara berkelanjutan, dan meningkatkan security posture BCA, baik dalam hal pencegahan, pendeteksian, analisis, dan ketanggapan terhadap insiden cybersecurity.

BCA juga disebut Hera telah memiliki prosedur penanganan insiden dan Business Continuity Plan yang secara berkala diuji coba. Oleh karena itu, seluruh proses koordinasi serta kecepatan dalam penanganan insiden sudah terstandarisasi. Secara rutin, kami juga melakukan simulasi penanganan insiden untuk memastikan kesiapan tim dalam penanganan insiden.

Dalam aspek Technology, BCA menggunakan pengamanan berlapis dari perangkat keamanan yang terus diperbaharui dan andal, baik di sistem komputer, jaringan, aplikasi, maupun data. Khusus untuk pengamanan data, BCA juga telah menerapkan teknologi dengan fokus utama untuk mencegah kehilangan data (Data Loss Prevention). 

"Seluruh strategi dan standar keamanan tersebut senantiasa dimutakhirkan dan dievaluasi secara berkesinambungan, sesuai dengan risk appetite BCA dan cyber threat landscape yang semakin berkembang. Hal ini merupakan bentuk dukungan BCA terhadap pengembangan teknologi-teknologi dalam sektor keuangan," tandasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mudah Menagih Hutang Penyusunan Perjanjian & Pengikatan Jaminan Kredit serta Implikasi Positifnya terhadap Penanganan Kredit / Piutang Macet

[X]
×