kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45672,14   1,07   0.16%
  • EMAS916.000 -1,08%
  • RD.SAHAM 0.54%
  • RD.CAMPURAN 0.26%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.10%

Transaksi sinergi BUMD di Bank DKI capai Rp 3 triliun dalam tiga tahun terakhir


Rabu, 26 Februari 2020 / 21:10 WIB
Transaksi sinergi BUMD di Bank DKI capai Rp 3 triliun dalam tiga tahun terakhir
ILUSTRASI. Bank DKI akan fokus mendorong sinergi dengan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta

Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank DKI akan fokus mendorong sinergi dengan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta untuk meningkatkan transaksi perbankan. Dalam tiga tahun terakhir, bank daerah milik DKI Jakarta ini sudah mencatatkan transaksi mencapai Rp 3 triliun lewat sinergi tersebut.

Direktur Utama Bank DKI Zainuddin Mappa mengatakan, potensi transaksi dari semua ekosistem BUMD sangat besar, Nilai transaksi yang didapat tiga tahun terakhir hingga 2019 mencakup seluruh aktivitas sinergi bersama 23 BUMD dengan berbagai jenis usaha yang dilakukan BUMD tersebut.

"Ke depan, kami akan mengikuti perencanaan yang dilakukan masing-masing BUMD. Misal proyek MRT yang akan membangun jalur Ujung Menteng ke Kalideres itu kami juga akan ajak BPD lain untuk ikut serta melalui sindikasi, tapi jumlahnya tergantung kebutuhan dana berapa dan kesiapan BPD sendiri," ujar Zainuddin di Jakarta baru-baru ini.

Baca Juga: Bank daerah siap genjot penyaluran KPR tahun ini

Adapun jenis sinergi Bank DKI bersama BUMD di Jakarta antara lain adalah sinergi pada sektor transportasi dengan mengakomodir layanan non tunai dengan JakCard di TransJakarta, MRT, Railink dan commuter line.

Lalu sinergi BUMD sektor ketahanan pangan bersama Food Station dengan memberikan Kartu Pedagang di Pasar Cipinang, bersama Pasar Jaya dengan menyediakan Tabungan Monas Bisnis Perkulakan.

Kemudian, sinergi BUMD Pada Sektor Pariwisata dengan PT Jakarta Tourisindo untuk pemanfaatan layanan jasa perbankan dan jasa perhotelan dengan memberikan fasilitas akses pembiayaan dan layanan e-channel seperti Cash Management System (CMS), layanan fasilitas perbankan berupa pembukaan rekening tabungan, deposito dan giro serta pemberian fasilitas kredit multi guna dan kredit pemilikan rumah (KPR) kepada karyawan PT Jakarta Tourisindo.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×