kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45938,93   -10,56   -1.11%
  • EMAS926.000 -0,32%
  • RD.SAHAM 0.35%
  • RD.CAMPURAN 0.29%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.05%

Transaksi terus meningkat, penyelenggara harus upgrade mesin EDC ke 4G atau Android


Selasa, 12 Oktober 2021 / 21:27 WIB
Transaksi terus meningkat, penyelenggara harus upgrade mesin EDC ke 4G atau Android
ILUSTRASI. Model menunjukkan EDC Android Mandiri saat peluncurannya di Jakarta, Selasa (24/8/2021). Tribunnews/Jeprima

Reporter: Ahmad Febrian | Editor: Ahmad Febrian

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  Seiring  perkembangan teknologi dan adopsi digital masyarakat semakin tinggi, masyarakat semakin banyak mengadopsi  era cashless society. Meski saat ini populer uang elektronik berbasis server, sistem pembayaran berbasis kartu juga tetap menjadi salah satu favorit masyarakat. . 

Dahulu teknologi 2G dan 3G pada mesin electronic data capture (EDC) konvensional sudah cukup. Mengingat lalu lintas transaksi sangat kecil. 

Namun kini, para penyelenggara transaksi elektronik perlu mengupgrade EDC konvensional menjadi EDC berbasis Android yang sudah terkoneksi jaringan 4G untuk mengingkatkan pengalaman masyarakat dalam melakukan transaksi non tunai atau elektronik.

Menurut Agung Harsoyo, Dosen Sekolah Teknik Elektronika dan Informasi (STEI) ITB EDC Android ini memiliki kelebihan dan  terintegrasi dengan berbagai layanan lain. Seperti system POS (point of sales), aplikasi merchant, dan juga platform promosi dan loyalti. Selain itu, EDC Android dapat menerima lebih banyak alternatif pembayaran menggunakan QR payment, nirsentuh dan wearables.

“Semuanya didukung dengan koneksi 4G yang semakin mempercepat proses transaksi dengan laporan data secara real time,” kata  Agung Harsoyo, Dosen Sekolah Teknik Elektronika dan Informasi (STEI) ITB, Selasa (12/10). 

Dengan upgrade menjadi EDC Android, selain akan mempercepat transaksi atau pemrosesan data, dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan efisiensi penggunaan aset. Lalu menciptakan bisnis proses yang lebih efektif, meningkatkan produktivitas, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan akan semakin menambah keamanan. 

"Sehingga upgrade EDC ke teknologi 4G ini akan berpotensi meningkatkan pendapatan penyelenggara transkasi elektronik di Indonesia," ujar Agung.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
UU Kepailitan Tuntas Mendelegasikan Tugas

[X]
×