kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Transportasi umum beroperasi, transaksi e-money Bank Mandiri mulai naik pada Juni


Kamis, 18 Juni 2020 / 18:01 WIB
Transportasi umum beroperasi, transaksi e-money Bank Mandiri mulai naik pada Juni
ILUSTRASI. Konsumen menggunakan kartu pembayaran elektronik (e-money) pada mesin minuman di Jakarta


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Transaksi uang elektronik berbasis kartu yang dimiliki sejumlah bank mengalami penurunan selama lima bulan pertama tahun ini. Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diterapkan pemerintah untuk membatasi penyebaran Covid-19 jadi penyebab penurunan tersebut. Maklum, sebagian besar penggunaan uang elektronik ada di sektor transportasi.

Transaksi e-money Bank Mandiri misalnya, turun 17% secara yer on year (yoy) per Mei 2020 karena penggunaannya selama ini didominasi untuk pembayaran di sektor transportasi. Namun, dengan dimulainya PSBB transisi, transaksi pada bulan Juni mulai meningkat.

Baca Juga: Bertransformasi jadi bank digital, berikut tiga strategi Bank Mandiri

"Seiring dengan mulainya fase 1 dan 2 pelonggaran PSBB, transaksi e-money hingga 15 Juni 2020 meningkat sebesar 42% dibanding dengan bulan sebelumnya," Kata SVP Transaction Banking Retail Sales Bank Mandiri Thomas Wahyudi kepada Kontan.co.id, Kamis (18/6).

Untuk mendorong transaksi e-money sampai akhir tahun, Bank Mandiri akan terus memperluas acceptance uang elektronik tersebut, menyediakan sarana isi ulang, membangun cashless society, meningkatkan produksi kartu, memudahkan akses pembelian kartu untuk customer, edukasi, dan menghadirkan e-money dengan tampilan desain khusus yang menarik.

Bank Mandiri juga berencana untuk melakukan kerjasama dengan dengan merchant retail seperti Indomaret dengan membuat program bersama seperti potongan harga di klik IDM seperti yang sedang berjalan saat ini dan program-program menarik lainnya dengan transaksi menggunakan Mandiri e-money. Sementara inovasi dari isi ulang e-money yang baru dilakukan adalah sudah bisa dilakukan nasabah perseroan pengguna smartphone iOS.

Hingga Mei 2020, kartu e-money yang beredar sudah lebih dari 21 juta. Thomas optimistis dengan adanya kebijakan new normal target penambahan kartu 4 juta-5 juta tahun ini.

Baca Juga: Bisnis E-Money Bank Akan Segera Tumbang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×