kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45952,80   9,76   1.04%
  • EMAS1.014.000 -1,46%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Tren Kartu Kredit Digital, Simak Cara Memilih Kartu Kredit Terbaik Bagi Pecinta Mobil


Senin, 31 Oktober 2022 / 14:04 WIB
Tren Kartu Kredit Digital, Simak Cara Memilih Kartu Kredit Terbaik Bagi Pecinta Mobil
ILUSTRASI. Tren Kartu Kredit Digital, Simak Cara Memilih Kartu Kredit Terbaik Bagi Pecinta Mobil


Reporter: Adi Wikanto, Selvi Mayasari | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kartu kredit digital menjadi tren baru di sektor perbankan. Agar tidak salah pilih, berikut cara memilih kartu kredit terbaik yang sesuai kebutuhan Anda para pecinta mobil.

Kartu kredit digital adalah kartu kredit yang tidak berupa kartu fisik. Salah satu bank yang baru menerbitkan kartu kredit digital adalah Bank BTPN yang meluncurkan Kartu Kredit Jenius Visa.

Digital Banking Head Bank BTPN, Irwan S Tisnabudi mengatakan, keunggulan dari kartu kredit digital ini, mulai dari proses pengajuan dan aktivasi, mengatur alokasi limit, praktis blokir dan buka blokir dari aplikasi, bisa mengajukan hingga lima kartu kredit tambahan, hingga mengubah transaksi menjadi cicilan dengan Split Pay dan tersedianya opsi Pembayaran Otomatis untuk bayar tagihan bulanan.

"Untuk kartu kredit ini tidak ada bunganya, adanya fee kecil yang dibebankan dan bayarnya bisa di-delay. Kami juga tidak ada target segmennya, tinggal bagaimana memposisikan fitur atau produk tersebut terhadap kebutuhannya," kata Irwan saat konferensi pers, Jumat (28/10).

PT Bank CIMB Niaga Tbk sudah lebih dahulu menerbitkan kartu kredit digital OCTO Card. Saat ini CIMB Niaga telah memiliki lebih dari 100.000 Kartu Kredit Digital OCTO Card yang beredar.

"Melalui Kartu Kredit Digital OCTO Card, CIMB Niaga memberikan experience kartu kredit secara instantĀ dan fully digital kepada nasabah, mulai dari proses pengajuan aplikasi secara online, persetujuan, aktivasi sampai dengan penggunaan kartu kreditnya," terang Noviady Wahyudi, Direktur Consumer Banking PT Bank CIMB Niaga Tbk.

Baca Juga: Strategi Kredit Digital Mengangkat Pembiayaan Kredit hingga Akhir Tahun

Sebagai kartu kredit digital, OCTO Card terintegrasi di dalam Digital Super App OCTO Mobile. Kartu kredit ini bisa digunakan baik untuk belanja online di e-commerce maupun offline di berbagai merchant, cukup dari OCTO Mobile melalui fitur Scan QRIS tanpa perlu repot membawa kartu fisik atau bersentuhan dengan benda lain.

Bank DBS juga memiliki kartu kredit digital, yakni Digibank. Kartu kredit digital milik Bank DBS ini dapat diatur limit belanjanya melalui aplikasi digibank by DBS.

Nasabah bisa mendapatkan gratis iuran tahunan tahun pertama untuk kartu kredit fisik dengan melakukan transaksi R1 juta melalui kartu kreditĀ fisik atau digital.

Selain itu ada juga ada Bank Sinarmas yang meluncurkan kartu kredit digital bernama kartu kredit Indigo. Kartu kredit ini ditujukan untuk pekerja pemula dan masyarakat yang belum memiliki kartu kredit.

Limit dari kartu kredit Indigo ini sebesar 90% dari dana yang di-lock di tabungan. Untuk memiliki kartu kredit Indigo dari Sinarmas ini nasabah wajib memiliki penghasilan minimal sebanyak Rp 3 juta.

Cara memilih kartu kredit

Bagi Anda penyuka otomotif khususnya mobil, kartu kredit juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana pembayaran yang menunjang hobi. Nah, agar kartu kredit dapat memberi fungsi maksimal untuk hobi Anda, apa saja sih yang perlu diperhatikan saat memilih kartu kredit yang tepat?

Berikut beberapa cara yang harus diperhatikan untuk memilih kartu kredit terbaik menurut Maybank:

1. Perhatikan biaya tambahan kartu kredit

Seiring dengan banyaknya fasilitas yang diberikan, kartu kredit juga diiringi dengan biaya-biaya, salah satunya adalah biaya tahunan. Ini merupakan biaya yang lazim yang diberlakukan ke dalam tagihan pertama pemilik kartu kredit, dan akan dibebankan kembali pada tahun-tahun berikutnya.

Bagi penggemar mobil, serta tingginya biaya perawatan maupun servis tentu menjadi perhatian penting dalam menekuni hobi otomotif ini. Sebagai alternatif, pilihlah kartu kredit dengan fasilitas bebas iuran tahunan di tahun pertama bagi pemegang kartu kredit baru, serta bebas iuran tahunan di tahun-tahun berikutnya lewat program yang telah ditentukan. Dengan begini, Anda bisa lebih memaksimalkan fungsi kartu kredit dan menggunakannya secara lebih nyaman.

2. Cermati program yang ditawarkan

Seperti yang telah banyak diketahui, penawaran program dengan potongan harga atau diskon merupakan salah satu daya tarik utama dalam pemilihan kartu kredit. Khusus bagi Anda penggemar mobil, adanya potongan harga tentu akan menjadi keuntungan yang sangat menunjang hobi.

Pilihlah kartu kredit yang memberikan berbagai manfaat, termasuk di antaranya cicilan 0% untuk pembelian mobil dan potongan harga pada transaksi accessories mobil untuk meningkatkan kualitas berkendara Anda. Tak hanya itu, Anda juga bisa mempertimbangkan kartu kredit yang menawarkan layanan darurat secara gratis, sehingga Anda dapat merasa aman dan tenang selama berkendara dengan adanya perlindungan di setiap perjalanan.

3. Pertimbangkan fasilitas tambahan lainnya

Tak hanya potongan harga, kartu kredit juga kerap menawarkan berbagai manfaat tambahan. Untuk penggemar mobil, berbagai manfaat yang dapat mendukung hobi ini tentu menjadi salah satu nilai tambah dalam memilih kartu kredit.

Jangan lupa untuk memperhatikan kartu kredit yang menyediakan kerja sama dengan berbagai fasilitas pendukung mobil Anda, seperti bengkel atau stasiun pengisian bahan bakar. Manfaat tambahan ini juga dapat berupa potongan harga atau cashback yang digunakan saat melakukan transaksi.

Dengan begini, Anda dapat memaksimalkan fungsi kartu kredit untuk merawat dan menjaga performa mobil tetap baik, serta menghindari masalah pada mesin mobil Anda di kemudian hari.

4. Cakupan kartu kredit dengan berbagai merchant

Faktor yang tak kalah penting saat Anda ingin memilih kartu kredit adalah jangkauan yang luas untuk menikmati manfaatnya secara maksimal. Anda bisa memperhatikan bagaimana kerjasama bank penerbit kartu kredit tersebut dengan penjual atau merchant yang Anda butuhkan, baik melalui offline maupun online.

Semakin banyak jumlah cakupan merchant, semakin tinggi juga kesempatan Anda untuk menikmati potongan harga atau penawaran spesial yang menunjang mobilitas dan keperluan mobil Anda sehari-hari.

Itulah cara memilih kartu kredit terbaik yang sesuai kebutuhan Anda. Ingat, pengguna kartu kredit jangan terlambat untuk membayar tagihan bulanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×