kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tumbuh 27%, WOM Finance Catatkan New Booking Rp 1 Triliun hingga Kuartal I


Selasa, 03 Mei 2022 / 21:20 WIB
Tumbuh 27%, WOM Finance Catatkan New Booking Rp 1 Triliun hingga Kuartal I


Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk alias WOM Finance mencatatkan kenaikan kinerja pada kuartal I tahun 2022 kendati dampak pandemi Covid-19 belum usai. Hal ini didorong dengan adanya kelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), tingginya adopsi vaksin booster dan angka pertumbuhan ekonomi yang kian membaik.

Direktur WOM Finance, Cincin Lisa Hadi menjelaskan, pada kuartal 1 tahun 2022 WOM Finance berhasil membukukan laba sebelum beban pajak penghasilan sebesar Rp 37 miliar atau meningkat 20% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp 31 miliar.

Peningkatan tersebut didukung oleh meningkatnya penyaluran pembiayaan menjadi sebesar Rp 1,0 triliun atau naik 27% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya dengan komposisi pembiayaan sepeda motor baru 26% dan pembiayaan multiguna 74%.

Total pendapatan WOM Finance sendiri pada kuartal 1 tahun 2022 mengalami peningkatan 11% menjadi sebesar Rp 425 miliar dibandingkan Kuartal 1 Tahun 2021 sebesar Rp 382 miliar. Sedangkan total aset dan ekuitas pada kuartal 1 tahun 2022 pun turut mengalami peningkatan masing-masing sebesar 8% dan 7% menjadi sebesar Rp 5,1 triliun dan Rp 1,3 triliun apabila dibandingkan Kuartal 1 tahun 2021.

Baca Juga: Ada Ramadan, Begini Efeknya ke Penyaluran Pembiayaan Multifinance

“Pertumbuhan kinerja WOM Finance didorong oleh terkendalinya pandemi Covid-19 serta pulihnya mobilitas dan meningkatnya kegiatan perekonomian. Memanfaatkan momen tersebut, kami terus berupaya untuk mempertahankan posisi perusahaan dari sisi finansial,” ungkap dia akhir pekan lalu.

Dari sisi permodalan, pada Kuartal 1 Tahun 2022 WOM Finance telah mendapatkan fasilitas pinjaman Working Capital Installment dari Bank KEB Hana Indonesia sebesar Rp 250 miliar yang akan digunakan untuk Modal Kerja dan Operasional perusahaan. 

Beberapa rasio keuangan tetap berada dalam posisi yang baik antara lain Return On Asset (ROA) 2,9% dan Return On Equity (ROE) 7,3%. Sedangkan Non-Performing Financing (NPF) - gross berada pada posisi 1,5% atau NPF nett sebesar 0,7% dengan Gearing Ratio sebanyak 2,3 kali.

Salah satu transformasi digital yang telah dilakukan WOM Finance pada tahun 2022 adalah peluncuran aplikasi mobile KAWAN. Kebutuhan contactless dengan konsumen di era new normal menjadi salah satu peluang bagi bisnis WOM Finance untuk dapat bergerak lebih cepat dan produktif. 

Hadirnya aplikasi KAWAN menjadi salah salah satu tools atau media yang akan mendukung kebutuhan ini. Melalui aplikasi KAWAN ini,  WOM Finance menghadirkan inovasi digitalisasi pembiayaan yang aman, praktis dan terpercaya.

Baca Juga: Adira Finance Cetak Laba Bersih Rp 304,5 Miliar di Kuartal I-2022

Djaja Suryanto Sutandar, Presiden Direktur WOM Finance menyampaikan, saat ini kinerja WOM Finance kian membaik dari kuartal per kuartal. Perseroan akan terus fokus pada digitalisasi pada tahun ini serta melanjutkan akselerasi bisnis pada debitur eksisting maupun bisnis baru. 

"Pertumbuhan tahun 2022, dengan asumsi kondisi pandemi yang stabil, ditargetkan penyaluran pembiayaan baru meningkat kurang lebih 21,5% dibandingkan pencapaian tahun 2021," sambungnya.

"Kami bersyukur seiring dengan perkembangan positif kondisi perekonomian dan semakin cepatnya penanganan pandemi yang dilakukan pemerintah, terlihat juga dampak positif terhadap bisnis kami," tutupnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×