kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45929,87   8,42   0.91%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tunjang bisnis multifinance, Sinar Mas Multiartha terbitkan obligasi Rp 250 miliar


Kamis, 20 Agustus 2020 / 15:53 WIB
Tunjang bisnis multifinance, Sinar Mas Multiartha terbitkan obligasi Rp 250 miliar
ILUSTRASI. Stan perusahaan pembiayaan atau multifinance, OTO Kredit Mobil dari PT Oto Multiartha, OTO Kredit Motor dari PT Summit Oto Finance, serta OTO Lease. Semua merupakan anak usaha PT Sinar Mas Multiartha Tbk (SMMA). Foto saat pameran pasar keuangan rakyat di


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Sinar Mas Multiartha Tbk (SMMA) berencana terbitkan obligasi senilai Rp 250 miliar. Ini merupakan Obligasi Berkelanjutan I Sinar Mas Multiartha Tahap I Tahap 2020.

Dalam prospektus yang diterbitkan, Selasa (18/8), disebutkan bahwa seluruh dana yang diperoleh setelah dikurangi biaya emisi akan dipinjamkan sekitar 25% untuk anak usaha, PT Sinar Mas Multifinance sebagai modal kerja pembiayaan.

"Bunga yang akan dikenakan atas pinjaman ini adalah sebesar 9% per tahun dengan jangka waktu lima tahun. Apabila dana pinjaman tersebut dilunasi, maka perseroan akan menggunakannya untuk modal kerja," tulis manajemen, Selasa (18/8).

Baca Juga: IHSG naik 2,02% sepekan, ini saham-saham yang paling banyak dibeli dan dijual asing

Kemudian sekitar 25% akan dipinjamkan ke AB Sinar Mas Multifinance dan digunakan sebagai modal kerja pembiayaan. Bunga, jangka waktu pinjaman, serta penggunaan uang hasil pembayaran utang juga tidak berbeda dengan milik Sinar Mas Multifinance.

Sementara 25% lagi, akan digunakan untuk meningkatkan penyertaan terhadap anak usaha, PT Rizki Lancar Sentosa. Sebab, anak usaha membutuhkan dana untuk pengembangan bisnis properti seperti pembelian fixed asset antara lain tanah atau bangunan, pemeliharaan gedung perkantoran dan modal kerja.

"Sisa (dananya) akan digunakan untuk modal kerja Sinar Mas Multiartha," terang manajemen.

Baca Juga: Sengketa hak waris keluarga Eka Tjipta, tuntutan Freddy Widjaja & aset Rp 737 triliun

Ini merupakan bagian dari Obligasi Berkelanjutan I Sinar Mas Multiartha dengan target dana sebesar Rp 1 triliun. Obligasi ini diterbitkan dalam tiga seri.

PT Sinarmas Sekuritas bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi efek sekaligus penjamin emisi efek. Sementara PT Bank Bukopin Tbk bertindak sebagai wali amanat.

Selain itu, perseroan juga akan melakukan penawaran awal (book building) pada 18-25 Agustus 2020. Sedangkan pernyataan efektif diperkirakan akan diperoleh pada 31 Agustus 2020.

Sementara masa penawaran umum akan dilakukan pada 1-3 September 2020 dan obligasi akan dicatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 9 September 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×