kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,87   -4,49   -0.48%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Unitlink campuran mencatat imbal hasil 0,03% bulan Juli


Senin, 05 Agustus 2019 / 13:33 WIB
Unitlink campuran mencatat imbal hasil 0,03% bulan Juli


Reporter: Ahmad Ghifari | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kinerja unitlink campuran menunjukkan catatan positif yang tipis di bulan Juli 2019. Berdasarkan data terakhir yang dirilis oleh Infovesta Utama, imbal hasil unitlink campuran tercatat sebesar 0,03% pada periode tersebut.

Hasil tersebut menurun drastis bila dibandingkan dengan bulan Juni 2019 yang meraih imbal hasil positif sebesar 3,37%.

Di bulan Juli, sebanyak 89 unitlink berhasil meraih imbal hasil positif. Sedangkan 48 unitlink menorehkan imbal hasil negatif.

Baca Juga: Kinerja unitlink saham turun di bulan Juli 2019

Senior Research Analyst Infovesta Utama Praska Putrantyo mengatakan, kinerja unitlink campuran yang positif, dikarenakan terpengaruh oleh pemilihan portofolio saham dari unitlink jenis campuran. Selain itu, rata-rata kinerja unitlink campuran relatif flat karena terkena dampak pelemahan di pasar saham dimana IHSG dalam 1 bulan terakhir minus 0,94% sementara di pasar surat utang mampu mencetak return positif.

"Tekanan di pasar saham juga terimbas oleh aksi jual (net sell) investor asing sepanjang Juli 2019 sebanyak minus Rp 600 miliar dari sebelumnya di pertengahan Juli sempat mencatat net buy plus Rp 3,7 triliun,"ujar Praska Putrantyo, kepada Kontan.co.id, Senin (5/8).

Baca Juga: Pilih produk asuransi karena kebutuhan, bukan terpaksa

Praska juga menjelaskan unitlink saham di reksadana campuran sudah jelas aturannya. Sedangkan unitlink campuran tidak ada batasan. Saham obligasi maksimum 79% sisanya pasar uang. Unitlink campuran ini sedikit bebas. Masalah menata uang itu pengolaan kombinasi yang terbaik.

Praska menargetkan imbal hasil produk asuransi unitlink berbasis campuran mencatatkan imbal hasil sebesar kisaran 6%-8%. Ke depan, prospek kinerja semua unitlink menurut Praska optimis akan positif hingga akhir tahun ini di kisaran 8%-12%.

Baca Juga: Pemasaran lewat keagenan diproyeksi kerek premi industri asuransi jiwa

Sebagai Informasi, kinerja unitlink campuran ini menorehkan hasil yang positif bersamaan dengan dengan unitlink pendapatan tetap. Unitlink pendapatan tetap berhasil mencatatkan imbal hasil sebesar 0,68%, sedangkan unitlink saham menorehkan imbal hasil negatif 0,75%.

Namun demikian, terdapat lima produk unitlink campuran yang berhasil meraih return di atas rata-rata. Berikut ini adalah jawara unitlink berjenis campuran yang hasilkan imbal hasil tinggi:

1. B-Life Spectra Link Dana Selaras Plus: 5,80%
2. B-Life Link Dana Selaras: 5,79%
3. BNI Life Syariah Balanced Fund: 4,66%
4. B-Life Link Dana Kombinasi: 2,74%
5. Century Pro-Mixed: 2,30%

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×