kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Unitlink saham masih jawara hingga akhir tahun


Kamis, 07 September 2017 / 11:51 WIB
Unitlink saham masih jawara hingga akhir tahun


Reporter: Umi Kulsum | Editor: Rizki Caturini

KONTAN.CO.ID - Unitlink saham diprediksi akan mencatatkan kinerja paling moncer ketimbang jenis lainnya di tahun ini.  Senior Research Analyst Infovesta Utama Praska Putrantyo mengatakan, meskipun ini masih tergantung pada prospek saham.

Hal ini sudah terlihat dari beberapa sektor saham seperti properti, infrastruktur, pertambangan dan konsumsi yang sukses menjadi penopang Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bertahan di zona positif dengan return sepanjang Agustus lebih dari 1%.

"Pergerakan IHSG memang cenderung sideways dan wait and see di tengah aksi jual investor asing yang terus berlanjut. Tetapi potensi kinerja unitlink saham di sisa empat bulan ini akan berada di kisaran 2%-5%," kata Praska ke KONTAN, Kamis (7/9).

Ia melihat, unitlink jenis pendapatan tetap masih akan berprospek baik. Meskipun, masih tergantung pada prospek surat utang negara (SUN) di mana kewajiban institusi keuangan dalam hal pemenuhan batasan minimal kepemilikan di SUN menjadi salah satu katalis pendorong permintaan terhadap SUN.

Praska meramal, potensi kinerja unitlink jenis pendapatan tetap hingga akhir tahun diperkirakan berada di kisaran 1%-3%.

"Jika unitlink campuran tergantung pada komposisi jenis aset investasi yang mayoritas dalam portofolionya. Secara rata-rata melalui indeks, potensi kinerja unitlink ini hingga akhir tahun diperkirakan berada di kisaran 1%-4%," tambahnya.

Sebagai gambaran, data Infovesta Utama mencatat, kinerja unitlink pendapatan tetap berhasil memimpin di periode Agustus 2017 dengan memberikan imbal hasil sebesar 1,32%. Lalu disusul oleh unitlink campuran sebesar 0,73% dan di posisi terakhir unitlink saham memberikan return 0,32%.

Sementara, jika dihitung sejak awal tahun, unitlink saham berhasil unggul dengan perolehan return sebesar 6,44% dan mengekor unitlink pendapatan tetap6l 6,36% dan unitlink campuran 5,57%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×