kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,10   -7,25   -0.78%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

UOB dikabarkan jadi pembeli aset ritel Citibank


Jumat, 10 Desember 2021 / 09:19 WIB
UOB dikabarkan jadi pembeli aset ritel Citibank
ILUSTRASI. Gedung Citibank. KONTAN/Cheppy A. Muchlis


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Citi Group dikabarkan telah memilih UOB sebagai pembeli aset ritel Citibank Indonesia. Sumber Blooomberg yang mengetahui hal tersebut mengatakan, nilai penjualan aset tersebut bisa mencapai beberapa ratus juta dolar. 

Penjualan bisnis ritel tersebut akan mengubah posisi bank di dalam peta pangsa pasar kartu kredit. Direktur Eksekutif Asosiasi Kartu Kredit Indonesia (AKKI) Steve Marta mengatakan,  jika benar UOB yang akan jadi pembeli aset Citibank tersebut maka posisinya diperkirakan akan naik ke urutan 5 atau 6 dari sisi pangsa pasar. 

"Citibank itu adalah salah satu pemain yang baik di bisnis kartu kredit di Indonesia. Dari 25 penerbit, dia ada di urutan 5-7 dalam daftar pemain paling besar. UOB juga masuk 10 besar. Sehingga kalau misalnya bank ini yang terpilih maka posisinya saya perkiraan bisalah di urutan 5 atau 6. " kata Steve pada KONTAN, Rabu (8/12).

Baca Juga: Bisnis paylater dan kartu kredit digital diperkirakan punya prospek besar

Steve menjelaskan, siapapun yang membeli aset kartu kredit Citibank itu penambahan nasabahnya buka 100%. Sebab, nasabah kartu kredit bank tersebut saat ini kemungkinan juga merupakan nasabah kartu kredit Citibank karena rasio pemegang kartu di Indonesia saat ini sekitar 1:2,5. artinya satu orang bisa memiliki dua atau lebih kartu kredit.

Namun, pangsa pasar bank itu ke depan menurut Steve akan tergantung pada strateginya dalam menjalankan bisnis kartu kreditnya. Kemungkinan nasabah mau jadi nasabah Citibank karena cocok dengan strateginya. Jika sudah menjadi bagian dari UOB misalnya, nasabah tersebut belum tentu cocok dengan strateginya. "Jadi PR bank yang membeli nanti adalah bagaimana untuk menjaga nasabah tersebut," lanjutnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×