kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Upaya Koinworks pertahankan bisnis P2P lending saat wabah corona


Kamis, 19 Maret 2020 / 19:16 WIB
Upaya Koinworks pertahankan bisnis P2P lending saat wabah corona
ILUSTRASI. KoinWorks


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemain fintech P2P lending khususnya PT Lunaria Annua Teknologi (Koinworks) telah menyiapkan berbagai strategi mempertahankan bisnis saat penyebaran virus corona.

CEO & Co-Founder Koinworks Benedicto Haryono bilang keberadaan virus Covid-19 yang mulai berdampak kepada lingkungan dan bisnis di sekitarnya.

Ia menilai penting untuk belajar dengan Krisis Keuangan Asia (1997) dan Krisis Keuangan Global (2008), perusahaan-perusahaan yang gagal biasanya memiliki beberapa kesamaan.

Baca Juga: Virus corona masih mewabah, ini kata Koinworks

Ia menyebut mereka tidak memiliki modal yang cukup untuk mengatasi badai ekonomi, dan banyak dari mereka yang beroperasi dengan cara yang tidak etis

“KoinWorks telah menyelesaikan peningkatan modal baru pada tahun 2019. Bahkan, kami memiliki lebih dari 2 tahun untuk modal yang sudah kami sisihkan saat diperlukan. Kami terus didukung oleh beberapa perusahaan dan bank investasi yang terkemuka,” ujar Benedicto dalam keterangan tertulis pada Kamis (19/3).

Ia juga yakin bisa mempertahankan tingkat NPL kami yaitu sekitar 1% dari pinjaman yang belum dibayarkan, jauh di bawah sebagian besar rekan-rekan kami. Lantaran fokus memberikan pinjaman produktif kepada peminjam dengan data yang dapat diverifikasi secara digital.

“Selain tingkat NPL yang rendah, pendana kami juga dapat memanfaatkan Dana Proteksi kami, yang berarti sebagian besar pinjaman telah terlindungi. Pendana kami yang membeli produk KoinRobo juga dilindungi melalui diversifikasi portofolio pinjaman. Semua pinjaman KoinRobo kami selalu dibayarkan sesuai dengan yang dijanjikan,” tambahnya.

Baca Juga: Wah, kolaborasi bank dengan fintech kian semarak

Ia mengimbau semua penerima dan pemberi pinjaman untuk berhati-hati selama periode ini. Juga terus mengikuti saran yang dianjurkan dari otoritas. Di situasi yang sangat luar biasa ini, sangat penting untuk mengingat bahwa COVID-19 pada akhirnya akan segera berakhir.

Asal tahu saja, hingga saat ini Koinworks catat telah miliki 375.000 orang pengguna, sehingga pada akhir 2020 Koinworks menargetkan untuk memiliki 1 juta pengguna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×