kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Volume Transaksi Kartu Kredit BNI Naik 10% per April 2022, Ada 1,9 Juta Kartu Beredar


Selasa, 31 Mei 2022 / 09:41 WIB
Volume Transaksi Kartu Kredit BNI Naik 10% per April 2022, Ada 1,9 Juta Kartu Beredar
ILUSTRASI. Konsumen menggunakan kartu kredit untuk pembayaran di salah satu pusat pembelajaan Tangerang Selatan. KONTAN/Carolus Agus Waluyo


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk mencermati bisnis kartu kredit terus terangkat hingga April 2022, seiring dengan pelonggaran aktivitas dan kegiatan ekonomi masyarakat.

"Ini berdampak pada pertumbuhan volume transaksi kartu kredit yang mulai terasa pada kuartal pertama 2022. Kondisi ini diharapkan terus membaik sehingga pertumbuhan volume transaksi kartu kredit dapat terus tumbuh positif sampai dengan akhir tahun, dengan proyeksi pertumbuhan diatas 5% yoy,” papar General Manager Dividi Bisnis Kartu Kredit BNI Grace Situmeang kepada Kontan.co.id pada pekan lalu.

Seiring dengan pelonggaran aktivitas dan kegiatan ekonomi masyarakat, berdampak pada pertumbuhan volume transaksi kartu kredit. BNI mencatatkan volume transaksi kartu kredit naik 10% yoy, dengan jumlah kartu kredit yang beredar sekitar 1,9 juta kartu per April 2022.

Baca Juga: Hingga Kuartal I, Transaksi Kartu Kredit Tembus Rp 71,31 Triliun

Ia menyatakan relaksasi kebijakan kartu kredit yang diberikan oleh Bank Indonesia telah membantu para pengguna kartu kredit. Lantaran ditujukan untuk meningkatkan pembiayaan kredit guna mendorong kembali pertumbuhan ekonomi.

Grace menyebut hingga kuartal pertama 2022, nasabah kartu kredit yang memanfaatkan relaksasi keterlambatan pembayaran sekitar 8% dari nasabah yang bertransaksi. Sedangkan  nasabah yang memanfaatkan pembayaran minimum rata-rata sekitar 25% dari nasabah yang bertransaksi.

Kualitas asset kartu kredit di tahun 2022 terus mengalami perbaikan, dengan non performomh loan (NPL) per April 2022 dibawah 2%. Ia menyatakan dengan migitasi risiko serta perbaikan kualitas kredit yang terus diupayakan kualitas kartu kredit diharapkan dapat tetap terjaga di bawah 1,5%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×