kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45904,44   -19,05   -2.06%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Volume Transaksi Valas BRI Meningkat 46% Hingga Kuartal III-2021


Selasa, 28 Desember 2021 / 10:21 WIB
Volume Transaksi Valas BRI Meningkat 46% Hingga Kuartal III-2021
ILUSTRASI. Hingga kuartal III-2021, transaksi valas di BRI naik 46% yoy


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) terus berkomitmen untuk menjadi mitra strategis pemerintah dalam menjaga stabilitas perekonomian Indonesia melalui peran aktif dalam transaksi operasi moneter Bank Indonesia (BI) serta dalam pasar valas domestik.

Untuk itu, hingga akhir kuartal III-2021, volume transaksi valas BRI tercatat meningkat 46% secara tahunan (YoY). Selain tiu, BRI juga berhasil mendongkrak market share menjadi 11,07% dari total transaksi valas domestik.

Produk valas yang ditawarkan BRI pun semakin beragam, baik dari plain vanilla product maupun structured product.

Dominasi BRI dalam pasar valas didukung oleh peningkatan client base sebagai dampak dari makin aktifnya BRI sebagai market maker dalam memenuhi kebutuhan klien, baik segmen ritel, korporasi maupun interbank.

Solidnya kinerja transaksi valas juga ditopang oleh penguatan layanan transaksi ekspor impor bagi nasabah BRI.

Baca Juga: Dorong Pemulihan Ekonomi, BRI Siap Ekspansi Kredit UMKM pada Tahun 2022

Senior Executive Vice President Treasury & Global Services BRI Achmad Royadi menjelaskan, transaksi ekspor impor menjadi salah satu pintu masuk bagi perseroan dalam meningkatkan client base transaksi valas.

"BRI terus memperkuat layanan ekspor impor yang melibatkan pelaku usaha Indonesia melalui pendampingan, pengembangan produk, dan strategi pricing yang unggul. Luasnya cakupan bank koresponden serta jaringan unit kerja di dalam maupun luar negeri juga menjadi nilai tambah BRI,” kata Achmad dalam keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id, Selasa (28/12).

Hingga akhir September 2021, transaksi ekspor impor BRI tercatat tumbuh 40% YoY dengan pertumbuhan terbesar ada pada segmen ritel yang melesat 96% dan korporasi naik 34%.

Capaian tersebut memberikan kontribusi positif pada peningkatan keuntungan spot & derivative dari transaksi valas yang tumbuh sebesar 65% YoY.

Kinerja positif perseroan dalam pasar valas juga mendapat apresiasi dari Alpha Southeast Asia sebagai Best FX Bank for Structured Products, Best FX Bank for Money Market Products dan Best FX for Retail Clients di tahun 2021.

Sejalan dengan dominasi dalam pasar uang valas, BRI juga aktif berkontribusi dalam penguatan pasar uang rupiah melalui transaksi repo. Hal ini sejalan dengan implementasi Blueprint Pengembangan Pasar Uang (BPPU) 2025 yang diluncurkan oleh BI.

Sepanjang tahun 2021, transaksi repo BRI tercatat melonjak 114,63% YoY. Peningkatan transaksi repo ini juga dibarengi dengan perluasan counterparty transaksi repo melalui penandatanganan GMRA.

 

Sebagai wujud komitmen dalam mendukung percepatan pendalaman pasar repo, BRI juga aktif melakukan sinergi dan kolaborasi bersama pelaku pasar uang di Indonesia sebagai strategic partner BRI dalam transaksi pasar uang.

Wujud nyata komitmen BRI dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional juga ditunjukkan dengan partisipasi aktif BRI dalam transaksi operasi moneter BI. BRI merupakan peserta aktif lelang reverse repo dan Term Deposit BI.

Hingga akhir kuartal III-2021, volume transaksi BRI dengan BI secara tahunan telah tumbuh 152,11% untuk transaksi reverse repo dan naik 87,87% untuk transaksi Term Deposit Rupiah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×