kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Waduh, aset Jiwasraya tinggal Rp 17 triliun karena rugi investasi saham dan reksadana


Senin, 13 Juli 2020 / 04:30 WIB
Waduh, aset Jiwasraya tinggal Rp 17 triliun karena rugi investasi saham dan reksadana


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asuransi Jiwasaya tidak punya aset yang cukup untuk membayar kewajiban ke nasabah. Hingga Mei 2020 saja, nilai aset Jiwasraya hanya Rp 17 triliun sementara kewajiban Rp 52,9 triliun.

Direktur Utama Jiwasraya Hexana Tri Sasongko menjelaskan, aset Jiwasraya berasal dari investasi di sektor keuangan Rp 10 triliun dan properti Rp 7 triliun.

"Investasi di keuangan nilai riilnya Rp 10 triliun per Mei 2020. Dari total aset investasi sebesar 17 triliun," kata Hexana di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, pekan lalu.

Baca Juga: Baru Sinarmas yang kembalikan dana terkait Jiwasraya, Kejagung tunggu 12 MI lain

Adapun investasi keuangan ditaruh ke beberapa instrumen seperti deposito, obligasi BUMM, obligasi swasta, reksadana dan saham. Jiwasraya merugi akibat penurunan nilai aset di reksadana dan saham. 

"Yang merugi adalah bagian di keuangan, saham dan reksadana. Dari Rp 22 triliun portofolio sebelumnya menjadi 17 triliun," ungkap Hexana.

Menurut Hexana, berdasarkan audit sistem pengendalian internal (SPI), mayoritas reksadana sudah tidak likuid. Sementara sisanya masih bisa dijual. Itupun porsinya kecil.

Investasi properti juga merugi. Biasanya, Jiwasraya kantongi pendapatan dari kenaikan harga sewa properti yang jauh lebih besar.

"Namun properti hanya menghasilkan 2%, padahal seharusnya menghasilkan 10%, maka perusahaan rugi 8%," ungkap Hexana.

Akibat penurunan aset investasi, portofolio properti Jiwasraya melebihi 30% dari total aset. Padahal maksimal ketentuan aset properti itu mencapai 20%.

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo menyebut, nilai kewajiban Jiwasraya Rp 52,9 triliun berasal dari liabilitas polis asuransi tradisional Rp 36,4 triliun dan JS Saving Plan Rp 16,5 triliun.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×