kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Youtap Membangun Ekosistem Digitalisasi UMKM Halal Hub


Kamis, 26 Mei 2022 / 11:34 WIB
Youtap Membangun Ekosistem Digitalisasi UMKM Halal Hub
ILUSTRASI. Digitalisasi UMKM: MItra usaha Youtap mencoba aplikasi Youtap di Pasar Segar Bintaro, Rabu (9/3). KONTAN/Baihaki/9/3/2022


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Lamgiat Siringoringo

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mendukung keberadaan ekosistem pertumbuhan UMKM di di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Youtap Indonesia sebagai platform dan solusi digital untuk pelaku usaha siap mendigitalisasikan UMKM di Sumenep Halal Hub lewat solusi digital yang terintegrasi dan all-in-one.

Sandiaga Salahuddin Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia memberi harapannya agar Sumenep Halal Hub ini mampu percepat kebangkitan ekonomi hingga membuka lapangan kerja.

UMKM Halal Hub merupakan kolaborasi Goorita.com dengan Pemerintah Kabupaten Sumenep sebagai bagian dari strategi pengembangan ekosistem produk halal dalam negeri untuk dapat tumbuh secara dinamis.

UMKM Halal Hub sendiri menjadi program dari pemerintah Kabupaten Sumenep yang bekerja sama dengan Global Halal Hub agar dapat memberdayakan hasil sumber daya wilayahnya beserta para pelaku UMKM lokal yang nantinya bisa diolah dan dipasarkan untuk masuk ke ranah global.

Untuk membuat UMKM semakin berdaya, kemampuan melihat peluang dalam pemanfaatan teknologi digital penting dilakukan agar ke depannya mereka bisa memperkenalkan produk lokal ke pasar internasional. Sebagai kolaborator, Youtap Indonesia mendukung perkembangan UMKM lewat solusi digital yang menyeluruh, dari mulai pembayaran non tunai dan solusi digital seperti aplikasi POS, E-Menu, hingga customer self order (order mandiri) untuk mendorong transaksi di outlet Halal Hub.

"Demi mendukung kemajuan pembangunan UMKM di Halal Hub, Youtap membantu mereka melakukan transformasi digital lewat ekosistem digital yang kami hadirkan. Hadirnya solusi digital yang relevan dengan kebutuhan pelaku usaha ini diharapkan UMKM di Sumenep semakin mampu melihat peluang di era digitalisasi agar dapat semakin meningkatkan nilai usaha mereka,” jelas Herman Suharto, CEO Youtap Indonesia dalam siaran pers, Kamis (26/5).

Hadirnya Youtap Indonesia turut mendukung mitra digital UMKM Halal Hub Sumenep dalam membantu para pelaku usaha mengefisienkan proses bisnisnya. Teknologi yang ada tersebut tidak hanya membantu para pelaku usaha, tetapi akan turut memudahkan pengunjung yang memang sejak dua tahun belakangan ini sudah mulai terbiasa menggunakan platform digital dalam beraktivitas.

Saat akan bertransaksi, pengunjung dapat melakukan pemindaian QRIS Youtap di layar. Nantinya, mereka dapat membayar tagihan melalui Virtual Account dan berbagai dompet digital yang telah terhubung dengan Youtap. Saat ini, Youtap telah bermitra dengan banyak mitra strategis seperti Bank Mandiri, LinkAja, OVO, CIMB Niaga, BNI, BRI, Kredivo, dan Telkomsel.

"Dilengkapi dengan salah satu fitur unggulan Youtap, Belanja Stok, yang siap menghubungkan para UMKM dengan mitra supplier untuk mendapatkan berbagai kebutuhan bahan baku, solusi digital Youtap diharapkan mampu membantu UMKM agar semakin efisien dalam proses pengelolaan kebutuhan akan usahanya," imbuh Herman.

CEO GOORITA Yuwono Wicaksono menjelaskan, pihaknya yakin pencanangan Sumenep UMKM Halal Hub ini bukanlah tataran seremonial saja. Lebih dari itu, inisiatif ini merupakan program berkesinambungan yang dapat mensejahterakan warga Sumenep hingga memberikan kontribusi nyata kepada Indonesia.

"Program ini merupakan bagian dari Gerakan Nasional Sinergisitas Indonesia Menuju Produsen Produk Halal Dunia 2024 yang dilaksanakan di pusat ekosistem GHH di Kota Tangerang, Banten yang sudah diresmikan awal tahun lalu,” kata Yuwono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×