kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45925,51   -5,84   -0.63%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BBM Money Permata bidik pengguna iOS dan Android


Kamis, 18 September 2014 / 23:27 WIB
BBM Money Permata bidik pengguna iOS dan Android
ILUSTRASI. Seorang pejalan kaki melintasi The Telkom Hub di Jakarta, Senin (27/3/2023). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay


Reporter: Dea Chadiza Syafina | Editor: Uji Agung Santosa

JAKARTA. PT Bank Permata Tbk (PermataBank) akan mendorong produk dan layanan BBM Money sebagai produk utama uang elektronik (e-money). Direktur Retail Banking PermataBank Bianto Surodjo bilang, dalam waktu tidak lama lagi, pihaknya akan melakukan utilisasi BBM Money bagi para pengguna smartphone berbasis iOS dan Android.

Menurut Bianto, hal ini dilakukan lantaran jumlah pengguna smartphone berbasis Android dan juga iOS di Indonesia cukup besar. Pasar pengguna iOS dan Android dibidik setelah banyak pengguna ponsel pintar yang menggunakan media BlackBerry Messanger (BBM).

Selain itu, ke depan PermataBank akan membuka layanan pembiayaan lain, setelah transfer pulsa, pembelian pulsa, pembayaran listrik dan juga pembayaran telepon melalui BBM Money. "Pembayaran virtual account untuk berbagai macam payment. Salah satunya pembayaran beberapa asuransi yang teregister di PermataBank. Ini yang secara serius kami bidik," ujar Bianto di Jakarta, Kamis (18/9).

Dia optimis, dalam waktu setidaknya tiga tahun ke depan, BBM Money dapat menjadi sumber pendapatan yang maksimal dari sisi fee based income. "Kami harapkan dalam waktu 3-4 tahun ke depan, bisa menjadi sumber fee based income yang signifikan. Ini adalah kategori baru, jadi kompetitor sangat minim. Fee based income dari BBM Money saat ini kontribusinya belum signifikan," jelasnya.

Selain itu, produk e-money BBM Money ini dapat meningkatkan nasabah PermataBank. Sebab dengan bergabungnya nasabah menjadi pengguna BBM Money, juga membantu perseroan melakukan penetrasi yang lebih dalam terhadap nasabah baik dari sisi kualitas maupun kuantitas.

"Jumlahnya cukup banyak dan diharapkan akan tumbuh signifikan," ucapnya.

Catatan saja, sampai Juni 2014, BBM Money PermataBank sudah mencapai 100.000 user. BBM Money diperkenalkan PermataBank pada Februari 2013. Di layanan ini pelanggan dapat membuat dan mengakses rekening mobile dari smartphone dan melakukan pembayaran langsung (real-time) ke kontak BBM mereka yang juga telah mendaftar ke layanan yang sama.

BBM Money membuat debut percontohan komersial di Indonesia, karena pengguna dapat dengan mudah mengisi uang ke dalam rekening mobile mereka dari rekening bank apa pun di Indonesia. Adapun fitur layanan yang dapat dilakukan melalui BBM Money, di antaranya untuk transfer antar pengguna BBM, pembelian pulsa, pembayaran tagihan.

Layanan BBM Money sendiri merupakan bentuk produk e-money perseroan yang diarahkan untuk menjaring para pengguna BBM, yang saat ini tak hanya terbatas untuk pengguna BlackBerry, namun juga Android di Indonesia. Sementara untuk e-money konvensional yang berbasis kartu, lanjutnya, masih dikaji lebih lanjut untuk pengembangannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×