: WIB    --   
indikator  I  

BPJS Ketenagakerjaan jaring para TKI

BPJS Ketenagakerjaan jaring para TKI

KONTAN.CO.ID - Setelah adanya Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Jaminan Sosial Tenaga Kerja Indonesia (TKI), Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan memulai aksi menjaring peserta.

Menurut Direktur Perencanaan Strategis dan TI BPJS Ketenagakerjaan, Sumarjono pihaknya akan melakukan beberapa hal untuk menggenjot calon TKI ikut jaminan sosial. Pertama pihaknya akan mengadakan koordinasi dengan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) untuk memastikan pengiriman TKI sesuai prosedur sehingga bisa mendapat perlindungan jaminan sosial.

Kedua, bersama BNP2TKI memberikan pembekalan yang cukup tentang arti penting jaminan sosial, cara mendaftar, membayar iuran, dan klaim jaminan sosial. Ketiga, melakukan edukasi dan sosialisasi kepada calon TKI dan TKI di dalam maupun luar negeri.

Keempat, melakukan edukasi dan sosialisasi kepada staf KBRI yang menangani TKI dalam hal ini atase bidang ketenagakerjaan. Kelima, memudahkan calon TKI dan TKI untuk mendaftar dan membayar iuran melalui chanel e-service.

"Program ini sudah jalan sejak Agustus 2017,"ujar Sumarjono.


Reporter Ramadhani Prihatini
Editor Markus Sumartomjon

BPJS KETENAGAKERJAAN

Feedback   ↑ x
Close [X]