kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BRI beri pelatihan ekspor UMKM di Makassar


Rabu, 11 April 2018 / 19:55 WIB
BRI beri pelatihan ekspor UMKM di Makassar
Workshop UMKM Hebat Berani Ekspor di Era MEA


Reporter: Cipta Wahyana | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - MAKASSAR. Masyarakat Ekonomi ASEAN atau biasa disebut dengan MEA masih menjadi tantangan besar bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah di Indonesia terutama di kota Makassar.

Perkembangan ekspor Indonesia dari tahun ke tahun cenderung stagnan, padahal Makassar sendiri adalah kota dengan pertumbuhan ekonomi paling tinggi di Indonesia.

Hal ini membuat Bank BRI bersama dengan Kontan mengadakan pelatihan ekspor dengan tema "UMKM Hebat, Berani Ekspor di Era MEA" di kota Makassar pada tanggal 11-12 April 2018 di Hotel Santika Makassar.

Pelatihan ini dibuka oleh Darwaji, selaku Wakil Pemimpin Wilayah BRI Makassar. Darwaji mengatakan pertumbuhan ekonomi Makassar mencapai sekitar tujuh persen dan Makassar sendiri menjadi pusat perekonomian wilayah timur Indonesia.

Oleh karena itu usaha mikro, kecil, dan menengah di Makassar sangat potensial dikembangkan hingga dapat ekspor ke luar negeri.

Materi pelatihan yang berlangsung selama dua hari akan diisi pengetahuan  pembekalan ekspor seperti metode pembayaran ekspor yang dibawakan oleh Muhamad Gelar dari Bank BRI, sharing session BRI Kanwil Makassar yang dibawakan oleh Helmi Ishartanto, sharing session pengusaha BRI yang dibawakan Indra Santoso dari CV. Persada Semesta, dan peserta juga dibekali pengetahuan kiat sukses memasarkan melalui e-commerce yang dibawakan oleh Miftahul Huda.

Di hari kedua pelaku usaha juga diberikan pengetahuan kepabeanan oleh Gusmiadirrahman selaku Kepala Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea dan Cukai Makassar, produk UMKM juga harus berstandar SNI dalam hal ini Zakiyah dari Badan Standardisasi Nasional turut menjadi narasumber dalam pelatihan ini.

Selain itu publik figur Feby Febiola juga hadir berbagi cerita membangun usaha Rumah Kefir yang sudah dirintisnya sejak lama. Dan terakhir Kurniawan Aji Saputra dari Kontan.co.id memberikan materi go digital UMKM Makassar di ukm.kontan.co.id agar produk mereka lebih dikenal secara online.

Salah satu peserta pelatihan, Ramli menuturkan, pelatihan ini sangat bermanfaat sekali untuk membekali pengetahuan ekspor usaha perkebunan dan pengolahan kopinya, terutama dalam hal pembiayaan ekspor perbankan. Dalam pelatihan ini Kontan juga membantu pelaku usaha dalam pemotretan produknya.

Dalam kegiatan pelatihan ini diharapkan juga dapat menjadi motivasi pelaku usaha ditengah persaingan perdagangan dunia yang tengah berlangsung.

Darwaji juga menambahkan bahwa Makassar bisa menjadi kota dengan pertumbuhan perekonomian terbaik di Indonesia.

Dengan komitmen pelayanan yang baik kepada pelaku usaha dalam melakukan ekspor, pelaku usaha UMKM dapat mendatangi Bank BRI cabang terdekat untuk pendampingan dalam mengembangkan usahanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×