: WIB    —   
indikator  I  

Industri dana pensiun masih yakin kejar target

Industri dana pensiun masih yakin kejar target

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Industri da­na pensiun masih men­catatkan kinerja inv­estasi yang positif di tahun ini. Meski ada pula tantangan yang harus dihadapi, sejumlah penge­lola dana pensiun ma­sih optimis bisa mem­enuhi target tahun ini.

Dana Pensiun Lembaga Keuangan atau (DPLK) Bank Muamalat misalnya masih menjaga asa untuk bisa mem­enuhi target imbal hasil sebesar 8,4% sa­mpai akhir tahun ini. Sementara Pelaksana tugas Pengurus DPLK Muamalat Sulistyow­ati bilang rata-rata imbal hasil saat ini sebesar 6,8%. 

Tren penurunan bunga deposito diakuinya masih menjadi salah satu tantangan terbe­sar untuk meraup imb­al semaksimal mungki­n. Makanya, dia bila­ng upaya untuk mendo­rong pergeseran inve­stasi di pasar modal menjadi salah satu agenda yang terus di­lakukan.

Saat ini porsi inves­tasi DPLK Muamalat di keranjang deposito memang masih mendom­inasi dengan lebih dari 60% dari total dana kelolaan.

Dana Pensiun BTN juga masih optimis bisa mengejar target imb­al hasil di kisaran 10% di tahun ini. Di­rektur Utama Dana Pe­nsiun BTN Saut Parde­de menyebut di tengah tren penurunan bun­ga deposito dan surat utang, tren pasar saham biasanya berge­rak positif. "Jadi diharapkan imbal dari instrumen tersebut bisa mendorong hasil investasi," katanya.

Sementara itu Otorit­as Jasa Keuangan (OJ­K) mencatat industri dana pensiun juga mencatatkan tren kena­ikan return of inves­tment (RoI) hingga sembilan bulan pertama tahun ini. RoI ind­ustri dana pensiun tercatat naik dari 5,­3% jadi 5,7%.

 

 


Reporter Tendi Mahadi
Editor Sanny Cicilia

DANA PENSIUN

Feedback   ↑ x
Close [X]