: WIB    --   
indikator  I  

Juni, pembiayaan syariah raup laba Rp 1,07 triliun

Juni, pembiayaan syariah raup laba Rp 1,07 triliun

JAKARTA. Industri pembiayaan syariah masih mencatatkan pertumbuhan yang positif hingga paruh pertama tahun 2017 ini.

Otoritas Jasa Keuangan mencatat, sampai bulan Juni kemarin pelaku pembiayaan syariah mengantongi laba setelah pajak sebesar Rp 1,07 triliun. Jumlah ini melompat nyaris 100% dari realisasi tahun sebelumnya yang sebesar Rp 550 miliar.

Lonjakan keuntungan ini diantaranya ditopang oleh pertumbuhan pendapatan yang cukup tinggi. Yakni sebesar 46,4% secara year on year menjadi Rp 4,62 triliun.

Di sisi lain, kenaikan beban yang ditanggung perusahaan pembiayaan syariah tercatat lebih rendah yakni sebesar 30,65%. Per bulan Juni, total beban yang ditanggung pemain pembiayaan syariah mencapai Rp 3,28 triliun.

Pertumbuhan bisnis sendiri sejalan dengan aset yang terus menggemuk, dimana per semester pertama tercatat mencapai Rp 37,48 triliun. Jumlah ini meningkat 4,89% dari posisi akhir 2016 yang sebesar Rp 35,74 triliun.

Sebelumnya, Ketua Asosiasi Asuransi Pembiayaan Indonesia (APPI) Suwandi Wiratno menyebut segmen pembiayaan syariah memang masih punya ceruk pasar yang masih luas untuk dieksplorasi. "Ada segmen pasar yang memang lebih tertarik dengan skema syariah," ungkapnya.


Reporter Tendi Mahadi
Editor Dessy Rosalina

EKONOMI SYARIAH

Feedback   ↑ x
Close [X]