kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45933,94   -29,79   -3.09%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

KPR ramah di kantong diminati milenial


Minggu, 24 Maret 2019 / 17:09 WIB
KPR ramah di kantong diminati milenial


Reporter: Kenia Intan | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Berbagai bank mulai menawarkan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang ramah bagi kantong anak muda. Cicilan ringan di awal masa kredit, uang muka yang rendah, dan tenor yang panjang ditawarkan untuk menggaet anak muda memiliki hunian.

Ambil contoh Mandiri Milenial, yang diluncurkan akhir 2018 yang lalu. KPR yang menyasar anak muda berusia 21 hingga 35 tahun ini mendapatkan permintaan kredit hingga Rp 300 miliar terhitung sejak Desember 2018.

“Pembiayaan yang berhasil disalurkan sebesar Rp 200 miliar hingga akhir Februari,” terang Executive Vice President Consumer Loans Group Bank Mandiri Ignatius Susatyo Wijoyo (22/3).

Sementara, Vice Presiden Consumer Lending BNI Egos Mahar memaparkan, per Februari 2019 penyaluran kredit yang sudah dikucurkan sebesar Rp 1,6 triliun year to date (ytd), jumlah ini mengalami pertumbuhan sebesar 5% year on year (yoy). “Lebih dari 50% penyaluran kredit tersebut ditujukkan kepada segmen milenial,” terang Egos (22/3).

Ia menambahkan, pendapatan bunga BNI Griya berkontribusi sebesar 60% terhadap total pendapatan bunga di segmen kredit konsumer.

Sebagian besar KPR yang menyasar anak muda memberlakukan cicilan ringan di awal masa kredit melihat pendapatan anak muda yang relatif masih sedikit. KPR Mandiri Milenial misalnya menawarkan angsuran berjenjang di lima tahun pertama.

Kemudian akan naik sebesar 10% per tahun setelahnya. Tidak jauh berbeda, BNI Griya Gue menawarkan suku bunga paling rendah 6,25% per tahun efektif fixed selama 2 tahun pertama, dan 7,25% per tahun efektif fixed satu tahun setelahnya. CIMB Niaga Xtra Bisa menawarkan bunga 5% per tahun fixed selama 3 tahun.

Tenor yang disediakan oleh bank pun beragam dan relatif panjang. Tenor mecapai 25 tahun seperti yang diberlakukan oleh BNI Griya, Mandiri Milenial, dan CIMB Xtra Bisa.

Sementara tenor paling lama 20 tahun diberlakukan oleh KPR Simuda BRI, dan Angsuran Terencana, salah satu fitur KPR milik BCA yang menyasar anak muda.

Bank-bank optimistis ke depannya KPR akan semakin banyak diminati anak muda. BNI Griya menargetkan pertumbuhan sebesar 10% di portofolionya. Saat ini mereka terus menggarap database nasabah BNI dan memanfaatkan teknologi digital untuk proses pengajuan secara online.

“Bisa melalui bni.co.id atau aplikasi BNI mobile, akses pengajuan KPR menjadi lebih mudah, kapan saja dan di mana saja,” terang Egos.

Sementara, Mandiri Milenial menargetkan penyaluran KPR bisa mencapai Rp 2 triliun hingga akhir tahun ini. Berbagai kerja sama dalam bentuk sosialisasi produk akan dilakukan untuk mencapai target.

Sebagai informasi, berikut beberapa produk KPR yang memudahkan anak muda memiliki hunian, seperti KPR BNI Griya Gue, KPR BRI Simuda, KPR Mandiri Milenial, KPR CIMB Niaga Xtra Bisa, KPR BTN Gaeesss, fitur KPR BCA Angsuran Terencana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×