kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Liburan lebih nyaman dengan perlindungan


Kamis, 19 Desember 2013 / 15:57 WIB
Liburan lebih nyaman dengan perlindungan
ILUSTRASI. Sejumlah emiten CPO mencatatkan kinerja yang ciamik sepanjang semester pertama tahun ini.


Reporter: Yuliani Maimuntarsih, Sanny Cicilia | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. Liburan sebentar lagi tiba. Bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu berwisata, perusahaan asuransi kini menawarkan produk perlindungan perjalanan dalam dan luar negeri, dengan berbagai kemudahan.

Banyak perusahaan asuransi yang menawarkan asuransi perjalanan. Sebut saja Mandiri AXA General Insurance, Adira Insurance atau AIG Insurance Indonesia.

Mandiri AXA memilih menggandeng induknya, Bank Mandiri, menyasar nasabah kartu kredit. Asuransi ini bisa dibeli secara online. "Semua polis asuransi yang nasabah beli dapat dibayar menggunakan kartu kredit ini," kata Syah Amondaris, Direktur Penjualan dan Distribusi Mandiri AXA, Selasa (17/12).

Spesial untuk nasabah kartu kredit Bank Mandiri, dalam waktu dekat ini bisa menikmati program cicilan 0% selama tiga bulan untuk pembelian asuransi perjalanan. "Premi bervariasi, mulai dari US$ 4 hingga US$ 185 untuk keluarga," kata Syah.
Harga yang diberikan sudah termasuk 20 manfaat. Seperti kecelakaan diri, pengobatan, pemulangan jenazah, santunan rumah sakit, dokumen perjalanan dan tanggungjawab hukum pribadi.

Memanfaatkan liburan

Jumlah orang yang berwisata di Indonesia memang semakin bertumbuh. Pemicunya berbagai faktor. Mulai dari jumlah masyarakat kelas menengah yang semakin banyak, hingga harga tiket pesawat yang kian murah. Belum lagi, berlibur kini menjadi lifestyle masyarakat.

Menurut, data Asosiasi Perusahaan Agen Penjual Tiket Indonesia (Astindo), tahun lalu saja, kurang lebih 8 juta masyarakat Indonesia melakukan wisata keluar negeri, Kawasan favorit antara lain seperti Singapura, Malaysia, Australia, Eropa hingga Amerika Serikat (AS).

Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance) juga meramaikan pilihan asuransi perjalanan sejak Juni lalu. Anak usaha Bank Danamon ini mengeluarkan program Travelling. Mendatang, perusahaan ini juga akan membuat asuransi perjalanan domestik.

Ada tiga paket asuransi luar negeri yang ditawarkan Adira, yaitu Worldwide Premiere, Worldwide Executive, dan Paket Asia. Adira menawarkan ketiga produk tersebut untuk nasabah individu maupun keluarga.

Pratomo, Direktur Teknik Adira Insurance, mengatakan lantaran baru ditawarkan tahun ini, penjualan polis asuransi perjalanan masih di bawah 5% dari total pendapatan premi perusahaan. Sebesar 70% pendapatan premi perjalanan ini datang dari agen perjalanan.

Produk ini menanggung risiko kecelakaan, sakit dan cidera, ketidaknyamanan perjalanan, bagasi dan barang pribadi, serta jaminan tambahan, seperti biaya telepon darurat hingga perpanjangan asuransi otomatis.

Saat ini, Adira menggaet 30 agen perjalanan. Dalam dua-tiga bulan lagi, perusahaan ini akan menjual asuransi perjalanan lewat call centre dan situs resmi.

AIG Insurance Indonesia juga memanfaatkan masa liburan akhir tahun ini untuk meningkatkan pendapatan premi. "Permintaan asuransi perjalanan naik sekitar 20% dibandingkan bulan-bulan biasanya," kata Sonny Lambey, Direktur AIG Insurance.

AIG menawarkan beberapa paket. Mulai dari perjalanan dalam negeri, luar negeri, untuk pelajar di luar negeri sampai peserta umroh.

Mengklaim sebagai penyalur asuransi perjalanan terbesar di dalam negeri, AIG menggandeng mitra, salah satunya maskapai penerbangan Citilink. Saat ini, asuransi perjalanan dan kesehatan menjadi penyumbang terbesar bisnis asuransi ritel AIG.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×