: WIB    —   
indikator  I  

Mandiri Group dorong penerbitan global IDR bonds

Mandiri Group dorong penerbitan global IDR bonds

KONTAN.CO.ID - Bank Mandiri Group mendukung percepatan pembangunan infrastruktur Indonesia melalui pendanaan di pasar modal internasional. Salah satu peluang pendanaan global yang diperkenalkan antara lain Global IDR Bonds.

Global IDR Bonds adalah efek bersifat utang berdenominasi rupiah yang dapat ditawarkan tidak hanya kepada investor domestik, namun juga terutama kepada investor global. Secara umum, penawaran Global IDR Bonds diharapkan mampu meningkatkan partisipasi investor global dalam mendukung pembangunan nasional, serta diharapkan dapat memberikan akses serta diversifikasi sumber pendanaan berbasis Rupiah bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia yang bergerak di berbagai sektor, khususnya sektor infrastruktur.

Untuk dapat memuluskan rencana tersebut, Mandiri turut gelar acara Global IDR Bonds Workshop yang diselenggarakan pada hari ini merupakan inisiatif Bank Mandiri bersama Mandiri Sekuritas untuk memberikan wawasan mendalam kepada lebih dari 100 perusahaan mengenai instrumen global bonds, manfaat, hingga tahapan-tahapan dalam penerbitannya.

“Selain mendukung akselerasi pembangunan infrastruktur di Indonesia melalui pembiayaan dalam negeri, Mandiri Group juga mendukung melalui pendanaan luar negeri. Salah satu peluang pendanaan tersebut adalah Global IDR Bonds.” ujar Direktur Wholesale Banking Bank Mandiri Royke Tumilaar di Jakarta, Rabu (27/9).

Sebagai informasi, pemerintah membutuhkan dana untuk investasi di sektor infrastruktur sekitar Rp 5.500 triliun untuk lima tahun ke depan atau Rp 1.100 triliun per tahun dimana sekitar Rp 900 triliun per tahun kebutuhan investasi dapat dibiayai oleh pembiayaan dalam negeri sehingga terdapat potensi sebesar Rp 200 triliun per tahun kebutuhan investasi dapat dibiayai dari luar negeri.

Menurut Royke, saat ini merupakan momentum yang baik bagi korporasi untuk dapat memperluas akses pendanaan ke pasar internasional. Hal ini didukung oleh predikat investment grade yang diberikan oleh credit rating agency internasional yang menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara destinasi investasi investor global.

Sejumlah negara berkembang telah sukses menerbitkan instrumen surat utang global berdenominasi lokal dan mendapatkan sambutan positif dari investor global. Di antaranya adalah Filipina dengan Global Peso, Tiongkok dengan Dim Sum Bonds, dan India dengan Masala Bonds.

Direktur Utama Mandiri Sekuritas Silvano Rumantir menambahkan, instrumen Global IDR Bonds diharapkan dapat memberikan akses, sumber, serta diverisifikasi pendanaan berbasis Rupiah bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia yang bergerak di berbagai sektor, khususnya sektor infrastruktur. Dan bagi investor, instrumen ini memberikan diversifikasi portofolio yang berkualitas.

Asal tahu saja, khusus untuk Mandiri Group, dalam 10 tahun terakhir, melalui Mandiri Sekuritas telah dipercaya menyelesaikan lebih dari 470 transaksi penjaminan emisi saham & obligasi senilai total Rp 108,5 triliun melalui pasar modal.

 


Reporter Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang
Editor Sanny Cicilia

PROYEK INFRASTRUKTUR

Feedback   ↑ x