kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mastercard tumbuhkan minat wirausaha


Rabu, 06 September 2017 / 07:50 WIB
Mastercard tumbuhkan minat wirausaha


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - Mastercard berkeinginan terus mendorong pertumbuhan inklusi keuangan di Indonesia. Perusahaan sistem pembayaran global ini akan memulainya dengan menghubungkan masyarakat yang belum tersentuh layanan keuangan formal dengan jaringan yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi.

Shamina Singh, President Center for Inclusive Growth & Global Sustainability Lead Mastercard mengatakan, terdapat potensi ekonomi dari jutaan penduduk di Indonesia. "Target kami ke segmen masyarakat menengah ke bawah, saat ini kami tengah fokus mendorong minat wirausaha bagi perempuan di Indonesia," tutur Shamina, Selasa (5/9).

Sebagai contoh, salah satu program inklusi keuangan yang baru-baru ini dilakukan Mastercard yakni kolaborasi dengan Commonwealth Bank. Kedua perusahaan itu telah bekerjasama selama kurang lebih dua tahun dalam pemanfaatan teknologi untuk membantu 10.000 usaha agar terus berkembang.

Secara langsung, Mastercard berupaya mendorong pertumbuhan dari perempuan pengusaha dengan meningkatkan kemampuan bisnis, pemahaman akan pembiayaan dan menambah pengetahuan mengenai pelanggan dan tren pasar.

"Commonwealth dan Mastercard ingin mengoneksikan sekitar 5 juta perempuan dari sekarang 10.000 perempuan di masa mendatang," ujar Shamina.

Sebelumnya, Mastercard pun juga telah menjalin kolaborasi dengan Mercy Corps untuk membantu para wirausahawan di Kota dan Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Mastercard berharap kolaborasi ini dapat meningkatkan akses terhadap produk dan jasa dari institusi keuangan formal maupun penyedia sumber daya lainnya. Serta menjadi jembatan antara wirausaha di Malang dengan pasar yang lebih luas.

Di level global, Mastercard telah bekerjasama dengan pemerintah, bank, LSM serta institusi lainnya untuk memberdayakan masyarakat menengah ke bawah.

Sekadar informasi, kini Mastercard telah memiliki 750 program inklusi keuangan di lebih dari 80 negara dengan memberdayakan sedikitnya 310 juta orang. Jumlah itu diharapkan meningkat minimal menjadi 500 juta orang di tahun 2020.

Selain itu, Mastercard juga berupaya menghubungkan 40 juta merchant mikro dan kecil dengan jaringan pembayaran Mastercard. Sejauh ini, perusahaan ini baru berhasil mencetak sedikitnya 5,5 juta pelaku usaha global.

Sementara dari segi produk, Mastercard juga telah meluncurkan beberapa teknologi keuangan bagi segmen yang disasarnya. Antara lain Mastercard Aid, sebuah teknologi end-to-end untuk mendistribusikan bantuan sosial dengan cepat.

Selain itu, perusahaan ini juga memiliki produk Mastercard Send, sebuah platform remitansi alias layanan pengiriman uang yang terhubung ke jaringan operator seluler. Teknologi ini diprioritaskan bagi organisasi kemanusiaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×