: WIB    —   
indikator  I  

Pefindo Biro Kredit resmi beroperasi

Pefindo Biro Kredit resmi beroperasi

JAKARTA. Pefindo biro kredit menyatakan telah resmi beroperasi secara komersial pada (27/3) setelah melalui uji operasional pada akhir 2016 lalu. Operasional pefindo biro kredit ini diharapkan bisa menyediakan informasi skor kredit debitur sehingga memudahkan lembaga pembiayaan dalam menilai kelaikan pemberian kredit.

Menurut Ronald Andi Kasim, Direktur Utama PT Pefindo Biro Kredit saat ini anggota pefindo biro kredit sebanyak 65 anggota. "Dalam waktu dekat akan ada 20 anggota baru yang akan bergabung," ujar Ronald dalam keterangan tertulis, Senin (27/3).

Anggota Pefinfo biro kredit ini terdiri dari perbankan, multifinance dan perusahaan startup. Menurut Ronald, informasi debitur yang dilengkapi skor kredit akan memudahkan lembaga pembiayaan menilai kelaikan kredit.

Selain itu, informasi yang akurat mengenai debitur akan meningkatkan efisiensi biaya akuisisi kredit dan menurun NPL. Ke depannya pefindo akan memperluas usaha ke lenbaga keuangan mikro untuk meningkatkan inklusi keuangan.

Dengan kemudahan akses di perkreditan, diharapkan bisa memperbaiki peringkat Indonesia dalam kemudahan berbisnis. Hal ini juga merupakan salah sqtu Paket Kebijakan Ekonomi XII Pemerintah.

Sebagai informasi, sistem pelaporan kredit di Indonesia menerapkan prinsip dual credit reporting system yang merupakan sinergi antara public credit registry (PCR) yang dilakukan otoritas dan private credit bureau (PCB) atau biro kredit swasta seperti Pefindo Biro Kredit.


Reporter Galvan Yudistira
Editor Yudho Winarto

RATING PEFINDO

Feedback   ↑ x
Close [X]