: WIB    --   
indikator  I  

Pembiayaan multifinancel kuartal I menggembirakan

Pembiayaan multifinancel kuartal I menggembirakan

JAKARTA. Laju penyaluran pembiayaan kuartal I sejumlah multifinance mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya meskipun penjualan kendaraan masih belum pulih.

Salah satu perusahaan pembiayaan, PT Astra Credit Companies (ACC) sampai dengan Maret 2017 telah menyalurkan pembiayaan mencapai Rp 7,3 triliun. Angka tersebut naik 12% dibandingkan tahun sebelumnya pada periode yang sama.

Menurut Jodjana Joddy, Chief Executive Officer, perolehan peningkatan tersebut diperoleh dari segmen otomotif yang berkontribusi hingga 95%. Tahun ini, ACC menargetkan dapat menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 27,5 triliun. Target tersebut masih konservatif atau sama dengan tahun sebelumnya.

Menurut Jodjana, penyaluran pembiayaan masih belum ada peningkatan yang signifikan atau masih biasa-biasa saja. Hal tersebut dikarenakan beberapa faktor, salah satunya tentang pemilu DKI Jakarta, sudah masuk babak putaran kedua namun orang-orang masih cenderung takut akan ketidakstabilan ekonomi. “Jadi, itu membuat orang-orang menjadi berpikir untuk membeli kendaraan,” ujar Jodjana kepada KONTAN.

Demi mencapai target tahun ini, ACC akan terus melakukan upaya dengan menyelenggarakan bazaar di berbagai daerah luar Jakarta dan juga memberikan promo-promo menarik seperti pembelian kredit dengan bunga 0% dan VIP Acces dalam pembelian kredit mobil.

“Konsumen kita dapat menyesuaikan dengan budget yang mereka miliki, nanti bisa dikombinasikan. Jadi kita tidak harus berpatokan dengan paket-paket produk yang sudah ditentukan,” ujar Jodjana.

Selain itu, ACC juga akan melakukan peningkatan cabang yang saat ini sudah mencapai 75 cabang. “Baru-baru ini sudah tambah dua cabang di Bekasi dan Pondok Cabe. Sampai akhir tahun kami targetkan akan perluas tiga cabang lagi,” ujar Jodjana.

Penyaluran pembiayaan yang meningkat tak membuat angka kredit macet atau Non Performing Financing (NPF) juga meningkat. ACC telah berhasil mempertahankan angka NPF di bawah 1%, yakni sebesar 0,6%.

Selain ACC, PT. BCA Finance sampai dengan kuartal I telah menyalurkan pembiayaan mencapai Rp 7,8 triliun atau meningkat 9% secara year on year (yoy). Pada kuartal I tahun lalu, perusahaan menyalurkan pembiayaan Rp 7,2 triliun. Peningkatan tersebut didapat dari kontribusi mobil baru sebesar 70% dan mobil bekas 30%.


Reporter Anisah Novitarani
Editor Yudho Winarto

KINERJA PERUSAHAAN MULTIFINANCE

Feedback   ↑ x
Close [X]