kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Porsi penyaluran KUR Bank Mandiri dan BRI ke sektor produksi belum mencapai 60%


Rabu, 04 September 2019 / 18:29 WIB
Porsi penyaluran KUR Bank Mandiri dan BRI ke sektor produksi belum mencapai 60%


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) sejumlah perbankan masih berjalan dengan baik dengan realisasi sudah lebih dari separuh dari target masing-masing. Namun, penyaluran kredit subsidi ini ke sektor produksi masih belum sesuai dengan target pemerintah.

PT Bank Mandiri Tbk (BMRI, anggota indeks Kompas100) misalnya telah berhasil menyalurkan KUR Rp 15,03 triliun atau meningkat 27% dari periode yang sama tahun lalu. Capaian itu setara dengan 60,13% dari kuota KUR yang diterima perseroan tahun ini. Realisasi itu diberikan kepada 193.530 debitur.

Baca Juga: Ingin naik kelas menjadi BUKU III, Bank CCB (MCOR) akan rights issue

Sementara penyaluran Bank Mandiri ke sektor produksi baru mencapai Rp 7,58 triliun atau sekitar 50,47%. Artinya, capaian itu belum mencapai target ditetapkan pemerintah yakni minimal 60%.

Realisasi terbesar pada sektor produksi itu disalurkan ke sektor jasa produksi yakni sebesar Rp 4,37 triliun atau sebesar 29% dari total penyaluran KUR ke sektor produksi.

Menurut SVP Micro Development and Agent Banking Bank Mandiri Zedo Fally, penyaluran KUR secara umum berjalan dengan baik. Namun, tetap ada beberapa kendala yang dihadapi seperti misalnya, masyarakat belum memahami produk perbankan sehingga perlu edukasi dan bimbingan dalam pengenalan produk perbankan tersebut sehingga dapat memanfaatkan untuk peningkatan usaha

"Kemudian, penyaluran belum merata dikarenakan keterbatasan jaringan kantor cabang, serta masih terdapat persepsi di masyarakat bahwa KUR adalah hibah dari pemerintah sehingga tidak perlu dikembalikan pinjamannya," jelas Zedo pada Kontan.co.id, Rabu (4/9).

Baca Juga: Dorong ekspansi, BCA syariah dapat suntikan modal Rp 1 triliun dari BCA

Guna mempermudah masyarakat mengakses fasilitas KUR, Bank Mandiri terus berupaya berkolaborasi dengan berbagai pihak. Misalnya dengan perusahaan-perusahaan (off taker ) yang jadi nasabah perseroan di segmen wholesale untuk dapat merekomendasikan mitra (petani, nelayan, pengrajin ataupun peternak) binaannya.

Dari sisi skema penyaluran, kata Zedo, pihaknya akan terus memperluas skema-skema sektor produksi untuk komoditas tertentu di sektor pertanian yang sistem pembayarannya menyesuaikan dengan kebutuhan para petani.




TERBARU

[X]
×