kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.002,22   8,62   0.87%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tebus barang di Pegadaian diprediksi naik jelang lebaran


Minggu, 27 Mei 2018 / 13:22 WIB
Tebus barang di Pegadaian diprediksi naik jelang lebaran
ILUSTRASI. Karyawan Menunjukan Emas di Pegadaian


Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pegadaian mengklaim siap melayani nasabah untuk melakukan tebus barang yang diperkirakan akan meningkat pada Lebaran tahun ini.

Direktur Utama Pegadaian Sunarso bilang, setiap menjelang Lebaran memang biasanya lebih banyak masyarakat yang menebus barang daripada menggadaikan barang. Selain itu, tebus barang gadai tahun ini juga kemungkinan akan meningkat didorong oleh cairnya THR dan gaji ke-13 para PNS dan pensiunan.

"Sehingga mereka akan mengambil kembali barang gadainya untuk digunakan pada hari Lebaran mendatang," kata dia dalam keterangan tertulis, Minggu (27/5).

Sunarso menjelaskan barang gadai yang terbanyak ditebus menjelang Lebaran biasanya masih didominasi oleh perhiasan emas dengan kisaran 90% dari seluruh barang tebusan. Sedangkan proporsi antara tebus dan gadai barang masing-masing sekitar 70% dan 30%.

DIa menambahkan masyarakat yang menggadaikan barang menjelang Lebaran biasanya untuk keperluan Lebaran di luar kota.

“Sehingga banyak barang pribadi seperti kendaraan, emas dan barang elektronik digadaikan untuk pembiayaan Lebaran, sekaligus lebih aman dari pada dibiarkan di rumah kosong," ungkapnya.

Terlebih lagi, libur Lebaran tahun ini cukup panjang sehingga banyak juga nasabah Pegadaian biasanya menitipkan barang berharga mereka, terutama perhiasan ke Pegadaian untuk faktor keamanan.

Sunarso menambahkan untuk memberikan rasa aman, semua outlet Pegadaian dijaga selama 24 jam oleh petugas keamanan. Selain itu, semua outlet Pegadaian juga dilengkapi oleh kamera keamanan atau CCTV.

“Kami juga selalu bekerjasama dengan aparat kepolisian untuk meminimalisir terjadinya tindak kejahatan di semua ruang lingkup wilayah kerja Pegadaian,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data (Data to Visual Story) Mastering Corporate Financial Planning & Analysis

[X]
×