kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.541.000   0   0,00%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

6 Strategi Bank CIMB Niaga tingkatkan kinerja


Rabu, 16 September 2015 / 10:17 WIB
6 Strategi Bank CIMB Niaga tingkatkan kinerja


Reporter: Galvan Yudistira | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. Bank CIMB Niaga pada semester dua ini harus berjuang lebih keras meningkatkan kinerja. Pasalnya, selama semester I lalu, kinerja bank berkode saham BNGA ini merosot sampai 91% menjadi Rp 176 miliar. 

Direktur Direktur Strategy and Finance CIMB Niaga Wan Razly Abdullah mengatakan, bank ini melakukan beberapa startegi untuk meningkatkan kinerja. 

Pertama, fokus untuk meningkatkan dana murah alias current account, savings account (CASA). Sebagai gambaran, di akhir Juni lalu, porsi dana murah CIMB Niaga masih 47,4% dari total dana pihak ketiga. 

Strategi kedua, memperkuat posisi digital banking. Kebutuhan nasabah dengan transaksi yang praktis tanpa harus ke cabang terus meningkat. 

Pada semester pertama 2015, ada tiga produk digital banking yang menjadi andalan, yaitu CIMB Clicks, Go Mobile, dan Rekening Ponsel. 

CIMB Clicks merupakan produk internet banking yang tercatat pada semester pertama mempunyai jumlah pelanggan sebesar 1,1 juta atau naik 27,5% secara yoy.

Selain itu, untuk Go Mobile adalah produk mobile banking yang pada semester pertama tahun ini telah mencatatkan jumlah pelanggan sebesar 1 juta user atau naik 46,2%. Sedangkan Rekening Ponsel pada semester pertama tercatat mempunyai pelanggan sebesar 945 ribu user atau naik 87,1%.

Startegi ketiga adalah CIMB terus memperluas jaringan layanan remitansi atau pengiriman uang dari dan ke luar negeri, khususnya untuk melayani Tenaga Kerja Indonesia. Hal ini menurut Wan, untuk meningkatkan fee based income. 

Strategi keempat, meningkatkan efisiensi operasional perusahaan.

Kelima, bank akan memanfaatkan jaringan CIMB Group untuk memperoleh potensi bisnis di wilayah ASEAN. Sebagai informasi, layanan ATM CIMB menjangkau lima negara Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Kamboja.

Terakhir, startegi keenam, menurunkan biaya pencadangan.  Bersamaan dengan itu, CIMB Niaga juga mengurangi proporsi kredit kepada sektor batubara dan sektor lain yang terkait dengan batubara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×