kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.692.000   8.000   0,48%
  • USD/IDR 16.360   12,00   0,07%
  • IDX 6.614   -32,21   -0,48%
  • KOMPAS100 983   -7,19   -0,73%
  • LQ45 770   -6,58   -0,85%
  • ISSI 203   -0,21   -0,10%
  • IDX30 399   -2,27   -0,57%
  • IDXHIDIV20 481   -2,24   -0,46%
  • IDX80 112   -0,69   -0,62%
  • IDXV30 117   0,23   0,20%
  • IDXQ30 132   -1,00   -0,76%

6 Strategi Bank CIMB Niaga tingkatkan kinerja


Rabu, 16 September 2015 / 10:17 WIB
6 Strategi Bank CIMB Niaga tingkatkan kinerja


Reporter: Galvan Yudistira | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. Bank CIMB Niaga pada semester dua ini harus berjuang lebih keras meningkatkan kinerja. Pasalnya, selama semester I lalu, kinerja bank berkode saham BNGA ini merosot sampai 91% menjadi Rp 176 miliar. 

Direktur Direktur Strategy and Finance CIMB Niaga Wan Razly Abdullah mengatakan, bank ini melakukan beberapa startegi untuk meningkatkan kinerja. 

Pertama, fokus untuk meningkatkan dana murah alias current account, savings account (CASA). Sebagai gambaran, di akhir Juni lalu, porsi dana murah CIMB Niaga masih 47,4% dari total dana pihak ketiga. 

Strategi kedua, memperkuat posisi digital banking. Kebutuhan nasabah dengan transaksi yang praktis tanpa harus ke cabang terus meningkat. 

Pada semester pertama 2015, ada tiga produk digital banking yang menjadi andalan, yaitu CIMB Clicks, Go Mobile, dan Rekening Ponsel. 

CIMB Clicks merupakan produk internet banking yang tercatat pada semester pertama mempunyai jumlah pelanggan sebesar 1,1 juta atau naik 27,5% secara yoy.

Selain itu, untuk Go Mobile adalah produk mobile banking yang pada semester pertama tahun ini telah mencatatkan jumlah pelanggan sebesar 1 juta user atau naik 46,2%. Sedangkan Rekening Ponsel pada semester pertama tercatat mempunyai pelanggan sebesar 945 ribu user atau naik 87,1%.

Startegi ketiga adalah CIMB terus memperluas jaringan layanan remitansi atau pengiriman uang dari dan ke luar negeri, khususnya untuk melayani Tenaga Kerja Indonesia. Hal ini menurut Wan, untuk meningkatkan fee based income. 

Strategi keempat, meningkatkan efisiensi operasional perusahaan.

Kelima, bank akan memanfaatkan jaringan CIMB Group untuk memperoleh potensi bisnis di wilayah ASEAN. Sebagai informasi, layanan ATM CIMB menjangkau lima negara Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Kamboja.

Terakhir, startegi keenam, menurunkan biaya pencadangan.  Bersamaan dengan itu, CIMB Niaga juga mengurangi proporsi kredit kepada sektor batubara dan sektor lain yang terkait dengan batubara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Mastering Finance for Non Finance Entering the Realm of Private Equity

[X]
×