kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

AAUI sebut lima cara menggarap momentum asuransi pada 25 tahun mendatang


Kamis, 17 Oktober 2019 / 09:00 WIB
AAUI sebut lima cara menggarap momentum asuransi pada 25 tahun mendatang
Indonesia Rendezvous ke-25

Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -NUSA DUA. Aasosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) mengangkat tema “Reshape, Reload, Reengage” Ready for the next 25 years pada acara Indonesia Rendezvous ke-25. AAUI memaparkan lima langkah guna menghadapi tantangan dan mendapatkan momentum asuransi pada 25 tahun mendatang.

Ketua Umum AAUI Dadang Sukresna menyatakan tema ini akan membahas mengenai tren global dan domestik industri asuransi, belajar dari 25 tahun lalu. Juga membahas mengenai peluang industri asuransi pada 25 tahun mendatang dengan cara pandangan milenial.

Baca Juga: AAUI: Pertimbangkan risiko, asuransi gangguan jiwa sepi

“Terdapat lima cara membentuk kembali masa depan asuransi. Pertama, menangkap dan menggunakan data akan menjadi tantangan lantaran volume yang begitu besar. Kedua, kecerdasan buatan akan diperlukan untuk membuat data yang sudah dikumpulkan dapat digunakan,” ujar Dadang pada sambutan Indonesia Rendezvous ke-25 di Bali Nusa Convention Centre (BNDCC) pada Kamis (17/10).

Lanjut Ia, cara ketiga berupa pemanfaatkan teknologi untuk pencegahan kerugian agar dapat menurunkan frekuensi klaim dari waktu ke waktu. Keempat, teknologi akan mengubah model bisnis asuransi. Kelima, perubahan akan terus terjadi, Bahkan Dadang menyebut perubahan bisa terjadi dalam 1.000 cara kecil.

Dadang menyebut berdasarkan hal tersebut, AAUI juga mengundang Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai regutalor sebagi pembicara. Juga praktisi dan pakar untuk membahas potensi yang dimiliki industri asuransi dan bidang peningkatannya perlu ditangani.

“Kami berharap diskusi dua hari ini akan memberi kami lebih banyak informasi yang komprehensif, kepastian yang lebih besar dari aspek regulasi dan meningkatkan kesiapan industri asuransi untuk menghadapi tantangan di masa depan,” pungkas Dadang.

Baca Juga: Tren bisnis asuransi kecelakaan dan perjalanan di tahun 2019 dinilai masih positif

Asal tahu saja, Indonesia Rendezvous merupakan acara international gathering bagi pelaku industri asuransi umum di Indonesia, kegiatan ini sudah menjadi agenda resmi yang rutin setiap tahunnya diselenggarakan oleh AAUI.  Lebih dari 500 peserta dari 11 negara hadir pada gelaran Indonesia Rendezvous kali ini.

Acara ini berlangsung pada 16-19 Oktober 2019 di Bali Nusa Convention Centre (BNDCC), Nusa Dua, Bali.


Tag


TERBARU

×