kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ada Covid-19, proses pembukaan kantor cabang BRI di Hong Kong dan Taiwan jalan terus


Minggu, 05 Juli 2020 / 11:08 WIB
Ada Covid-19, proses pembukaan kantor cabang BRI di Hong Kong dan Taiwan jalan terus
ILUSTRASI. Pekerja membersihkan logo Bank Rakyat Indonesia BRI di Jakarta. KONTAN/Cheppy A. Muchlis


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Adanya pandemi Covid-19 tidak mengganggu rencana ekspansi luar negeri PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI). Proses rencana bank pelat merah ini membuka kantor cabang luar negeri di dua negara yakni Hong Kong dan Taiwan tetap berlanjut.

SEVP Treasury & Global Services BRI Listiarini Dewajanti, pihaknya masih terus melakukan komunikasi intensif antara dengan pihak terkait seperti regulator perbankan negara setempat dalam proses perizinan.

Baca Juga: Terdampak corona, Bank Woori belum menerima permintaan fasilitas kredit baru

"Hingga saat ini rencana pembukaan KCLN itu masih sesuai dengan time frame yang direncanakan oleh BRI," ungkap Listiarini pada Kontan.co.id, Jumat (3/7).

Ia menambahkan, persiapan-persiapan internal BRI juga terus dilakukan sembari menunggu lisensi atau izin dari regulator kedua negara.

Adapun di kuartal I 2020, kinerja unit kerja BRI masih tercatat positif. Pandemi Covid-19 belum berdampak besar terhadap UKLN selama periode tersebut. Tekanan diperkirakan baru akan mulai signifikan pada kuartal II.

Listiarini bilang, dampaknya akan mulai signifikan di triwulan kedua karena kebijakan lockdown yang menyebabkan menurunnya aktivitas ekonomi di negara-negara dimana UKLN BRI beroperasi dimulai di periode tersebut.

Kinerja positif di kuartal i itu tercermin dari laba bersih dan ekspansi usaha yang masih bertumbuh. Kontribusi laba bersih unit kerja luar negeri BRI mencapai US$ 8.31 juta atau tumbuh 34.27% bila dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Baca Juga: Bank Himbara Dapat Guyuran Dana, Bank Swasta Genjot DPK

Menurut Listiarini, BRI New York Agency masih menjadi kontributor utama laba bersih dengan porsi mencapai hampir 60% dari total laba bersih UKLN , dan sisanya disumbangkan oleh BRI Singapore dan BRI Timor Leste. BRI New York Agency menjadi kontributor laba yang signifikan mengingat BRI New York sudah beroperasi sejak 1988.

"Sementara BRI Singapore dan BRI Timor Leste relatif baru dimana masing-masing unit kerja tersebut beroperasi sejak 2015 dan 2017," tandas Listiarini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×