kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ada pandemi Covid-19, sektor insurtech tumbuh pesat di Indonesia


Selasa, 20 Oktober 2020 / 12:52 WIB
Ada pandemi Covid-19, sektor insurtech tumbuh pesat di Indonesia
ILUSTRASI. Cleosent Randing, Founder & CEO PasarPolis


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pandemi Covid-19 telah berdampak negatif pada berbagai sektor industri. Namun, di tengah pandemi dan ketidakpastian ekonomi  ini, sektor insurance technology (insurtech) atau asuransi berbasis teknologi justru mengalami pertumbuhan pesat di Indonesia. 

Walaupun menjadi salah satu perekonomian terbesar di Asia Tenggara, tingkat penetrasi asuransi di Indonesia saat ini masih menjadi salah satu yang terendah, yaitu hanya 1,99% di tahun 2019. Angka ini lebih rendah dibandingkan negara-negara tetangga, seperti Thailand (4,99%) dan Malaysia (4,72%). 

Alhasil, potensi sektor insurtech masih sangat besar untuk digali, dengan 98% populasi Indonesia belum tersentuh oleh asuransi sama sekali.

Baca Juga: Gandeng Simas Jiwa, Grab pasarkan asuransi mikro rawat inap

Peran insurtech semakin penting karena elemen teknologi sangat membantu pelanggan di masa pandemi untuk membeli premi atau mengajukan klaim hanya melalui gadget masing-masing. 

Adanya pandemi secara signifikan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya asuransi. Berdasarkan data Otoritas Jasa keuangan (OJK), jumlah premi asuransi jiwa pada bulan Juli 2020 bertambah sebesar Rp23,1 triliun. Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) juga menyatakan bahwa semakin banyak asuransi dengan premi rendah yang terjual.

Penjualan premi asuransi dengan nilai rendah ini merupakan salah satu tren yang hadir berkat inovasi teknologi. PasarPolis selaku insurtech (teknologi asuransi) misalnya, menawarkan asuransi berkonsep mikro yang terjangkau dan mudah diakses oleh siapa saja.

PasarPolis menyediakan asuransi unik yang belum pernah ada sebelumnya, seperti perlindungan terhadap keretakan layar ponsel hingga perlindungan pengiriman barang melalui GoSend. 

PasarPolis tercatat berhasil menyediakan perlindungan bagi lebih dari 4 juta pelanggan baru di bulan Juni 2020 saja. Pada bulan September, PasarPolis mengumumkan telah mendapatkan pendanaan seri-B terbesar di Asia Tenggara untuk kategori industri insurtech, senilai Rp788 miliar (US$54 juta). Perusahaan ini telah berekspansi menjadi salah satu pemain insurtech ternama di Thailand dan Vietnam.

Cleosent Randing, CEO PasarPolis mengatakan pihaknya melihat tren positif di lanskap industri asuransi Indonesia yang terus bertumbuh pesat berkat inovasi teknologi. 

"PasarPolis bermitra dengan platform digital seperti Gojek, DANA, Traveloka, dan Tokopedia, agar seluruh lapisan masyarakat bisa mengakses dan mendapatkan perlindungan asuransi dengan harga terjangkau secara online, hanya dengan sekali klik. Misalnya, guna melindungi sepeda motor para pengemudi Gojek, mereka hanya perlu membayar premi kurang dari Rp40.000 per tahun. Demokratisasi harga ini penting untuk memastikan bahwa asuransi bisa menjangkau semua kalangan masyarakat tanpa terkecuali,” katanya dalam press rilis yang diterima Kontan.co.id, Selasa (20/10).




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×