kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.452.000   -12.000   -0,82%
  • USD/IDR 15.205   -60,00   -0,40%
  • IDX 7.642   114,20   1,52%
  • KOMPAS100 1.191   18,71   1,60%
  • LQ45 953   14,44   1,54%
  • ISSI 230   3,47   1,53%
  • IDX30 490   7,75   1,61%
  • IDXHIDIV20 589   10,01   1,73%
  • IDX80 136   1,84   1,38%
  • IDXV30 143   2,16   1,54%
  • IDXQ30 164   2,59   1,61%

Adira Finance (ADMF) Hadirkan SPKLU di Area Masjid Istiqlal


Selasa, 01 Oktober 2024 / 16:44 WIB
Adira Finance (ADMF) Hadirkan SPKLU di Area Masjid Istiqlal
ILUSTRASI. Mobil listrik melakukan pengisian daya di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) pada lokasi parkir pusat perbelanjaan di Tangerang Selatan, Selasa (27/8/2024). Hasil studi International Council on Clean Transportation (ICCT) mencatat, Indonesia pada 2030 diperkirakan membutuhkan 25.600 unit SPKLU untuk mendukung penggunaan sekitar dua juta kendaraan elektrik jika target penggunaan mobil listrik yang ditetapkan pemerintah tercapai. (KONTAN/Carolus Agus Waluyo)


Reporter: Aulia Ivanka Rahmana | Editor: Putri Werdiningsih

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance) melalui Unit Usaha Syariah meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di area Masjid Istiqlal. Hal ini dilakukan untuk mendukung adopsi energi terbarukan dan ramah lingkungan

Direktur Adira Finance Denny Riza mengatakan langkah ini dilakukan sebagai kontribusi pada inisiatif hijau di Masjid Istiqlal melalui pemasangan SPKLU. 

"Langkah ini tidak hanya meningkatkan fasilitas masjid, mendukung penggunaan energi yang ramah lingkungan untuk kendaraan, tetapi juga sejalan dengan visi perusahaan menciptakan nilai bersama untuk meningkatkan kesejahteraan," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (30/9).

Pemasangan SPKLU ini memiliki beberapa tujuan penting. Di antaranya, untuk meningkatkan fasilitas publik di area Masjid Istiqlal. Dengan adanya EV Charging Station, Masjid Istiqlal dapat meningkatkan kualitas pelayanan bagi jamaah dan pengunjung yang membutuhkan solusi ramah lingkungan untuk transportasi.

Kemudian, untuk mendukung strategi pemerintah dalam adopsi energi terbarukan. Langkah ini diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk mulai menggunakan kendaraan listrik dalam upaya menurunkan emisi karbon. 

Baca Juga: Adira Finance Salurkan Pembiayaan Mobil Rp 9,4 Triliun hingga Agustus 2024

Selain itu, SPKLU ini juga memiliki potensi untuk menjadi sumber pendapatan tambahan bagi Masjid Istiqlal melalui pengelolaan wakaf produktif. Terakhir, meningkatkan literasi masyarakat terkait pembiayaan syariah.

"Sebagai bagian dari komitmen Adira Finance dalam mendukung ekonomi berbasis syariah, inisiatif ini menjadi sarana untuk memperkenalkan masyarakat pada pembiayaan syariah, seperti kendaraan ramah lingkungan," tuturnya.

Sebagai informasi, per Agustus 2024, Adira Finance mencatatkan pembiayaan baru di segmen syariah sebesar Rp 5,4 triliun atau mewakili 21% dari total pembiayaan baru. Untuk dapat mendorong pertumbuhan pembiayaan syariah, perusahaan akan terus melakukan kegiatan pemasaran, ekspansi dari kanal-kanal penjualan di komunitas syariah, serta memaksimalkan penjualan produk syariah khususnya non-otomotif seperti produk AMANAH (Adira Multi Dana Syariah).

Di sisi lain, sebagai bagian dari komitmen terhadap transisi energi bersih di Indonesia, Adira Finance menyediakan pembiayaan untuk kendaraan listrik (EV), mencakup sepeda motor dan mobil, melalui kerja sama dengan berbagai merek dan dealer kendaraan listrik. Hingga Agustus 2024, pembiayaan kendaraan listrik Adira Finance meningkat signifikan mencapai Rp 270 miliar.

Dalam merealisasikan SPKLU di Masjid Istiqlal, Adira Finance berkolaborasi dengan Istiqlal Global Fund (IGF) dan PT High Volt Technology (HVT).

Direktur Utama IGF, Mulyono Lodji mengatakan, melalui kerja sama dengan Adira Finance dan HVT, pemasangan SPKLU di area masjid ini bertujuan untuk mempromosikan penggunaan energi bersih, mengurangi emisi karbon, serta memfasilitasi pengguna kendaraan listrik dalam menjalankan ibadah masyarakat.

"Sebagai masjid terbesar di Asia Tenggara, Masjid Istiqlal terus berupaya menjadi pelopor dalam penerapan teknologi berkelanjutan yang mendukung kelestarian alam," kata Mulyono.

Selanjutnya: SunCable Resmikan Taman Penelitian Energi Terbarukan Pertama di Indonesia

Menarik Dibaca: SunCable Resmikan Taman Penelitian Energi Terbarukan Pertama di Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Eksekusi Jaminan Fidusia Pasca Putusan MK Supply Chain Management on Procurement Economies of Scale (SCMPES)

[X]
×