kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Adira Finance: Bunga kredit naik, pendanaan dari obligasi bisa lebih murah


Jumat, 27 Juli 2018 / 18:41 WIB
Adira Finance: Bunga kredit naik, pendanaan dari obligasi bisa lebih murah
ILUSTRASI. Direksi Adira Finance setelah memaparkan kinerja semester I 2018


Reporter: Umi Kulsum | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tren kenaikan suku bunga dalam negeri diperkirakan akan menggeser portofolio pendanaan PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (ADMF).

Direktur Keuangan Adira Finance I Dewa Made Susila mengatakan, hingga semester I-2018, piutang pembiayaan yang dibiayai melalui skema pembiayaan bersama atau joint financing sebesar Rp 20 triliun atau setara dengan 42% dari piutang pembiayaan yang dikelola. Sedangkan pinjaman yang berasal dari eksternal sebesar Rp 21,3 triliun dan ekuitas sebesar Rp 6 triliun.

Adapun realisasi piutang pembiayaan Adira Finance mencapai Rp 48,1 triliun sampai pertengahan tahun ini. Jumlah tersebut naik 8% jika dibandingkan dengan periode sama tahun lalu.

"Saat ini komposisinya dari pinjaman perbankan baik dari dalam dan luar negeri sebesar 54% sedangkan dana dari obligasi 46%," kata Made di Jakarta, Jumat (27/7).

Dengan kondisi kenaikan suku bunga acuan yang terjadi saat ini, Made memprediksikan komposisi sumber pendanaan obligasi akan lebih dominan ketimbang pinjaman dari perbankan. 

Namun, hal ini juga masih bergantung pada kondisi pasar. Apalagi, jika dihitung saat ini biaya bunga pendanaan yang bersumber dari obligasi terhitung lebih murah.

"Untuk tenor di bawah satu tahun bisa lebih murah obligasi 100 basis poin (bps)-150 bps dari pinjaman perbankan," jelas Made.

Di semester II-2018, Adira Finance juga akan kembali menerbitkan obligasi senilai Rp 2 triliun. Sementara pada kuartal I-2018, Adira Finance telah menerbitkan obligasi sebesar Rp 1,63 triliun melalui obligasi berkelanjutan IV tahap II dan sukuk mudharabah III tahap II senilai Rp 490 miliar.

Dan kuartal selanjutnya, Adira Finance juga telah memperoleh pinjaman sindikasi sebesar US$ 300 juta dari investor yang sebagian besar dari Singapura, Jepang dan Taiwan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×