kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.541.000   21.000   1,38%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

AJB Bumiputera benahi SOP dan produk sebagai syarat beroperasi normal


Rabu, 23 Mei 2018 / 17:45 WIB
AJB Bumiputera benahi SOP dan produk sebagai syarat beroperasi normal
ILUSTRASI. Kantor PT. Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera


Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebelum memberikan restu kepada Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera untuk bisa beroperasi secara normal kembali, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan sejumlah syarat penguatan operasional untuk dipenuhi.

Kepala Eksekutif Pengawas IKNB OJK Riswinandi menyebut, penguatan operasional ini harus dipastikan agar potensi bisnis yang bisa didapat bisa maksimal. Selain itu juga untuk mendorong proses bisnis yang lebih sehat.

Misalnya saja, AJB Bumiputera menyempurnakan proses bisnis asuransi perorangan sejak pengajuan polis sampai pembayaran klaim secara tersentralisasi di kantor pusat. Hal ini didukung dengan standar operasional (SOP) sebanyak 50 prosedur kerja.

Di sisi lain, satu-satunya pemain asuransi berbentuk mutual di Indonesia tersebut menyempurnakan SOP atas 44 prosedur kerja untuk operasional asuransi kumpulan dalam pengembangan sentralisasi proses bisnis.

"Juga dengan menyesuaikan sistem IT yang mendukung sentralisasi penerimaan premi dan pembayaran klaim," kata dia, Rabu (23/5).

Penguatan teknologi juga dilakukan untuk proses penerimaan premi maupun pembayaran klaim untuk asuransi individu dengan menggunakan virtual account hasil kerja sama dengan Bank BNI. Sementara untuk segmen asuransi kumpulan masih dalam proses pengembangan.

Sejalan hal ini, struktur organisasi pun disempurnakan dengan memangkas kewenangan kantor cabang hanya untuk pelayanan.

Tak cuma sampai di situ, AJB Bumiputera juga mengurangi jumlah produk asuransi perorangan yang dipasarkan agar bisa mengelola liabilitas yang harus ditanggung. Dari tadinya ada 47 produk, kini hanya memprioritaskan pemasaran 8 produk saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×