kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,55   3,92   0.42%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Aplikasi Selena, Andalan Tenaga Pemasar Pegadaian di Lapangan


Kamis, 29 Februari 2024 / 09:48 WIB
Aplikasi Selena, Andalan Tenaga Pemasar Pegadaian di Lapangan


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - Big data berperan penting untuk menentukan strategi pemasaran yang dapat ikut memacu kinerja perusahaan. PT Pegadaian menggunakan Selena untuk mengelola big data dari nasabah sekaligus sebagai sarana pemasaran produk-produk Holding Ultra Mikro (UMi).

Selena atau Sales Pipeline Application Management merupakan aplikasi yang digunakan oleh sales Pegadaian yang mencatat aktivitas penjualan/prospek nasabah di Pegadaian.

Sekretaris Perusahaan PT Pegadaian, Yudi Sadono menyebutkan, Selena adalah penghubung sales Pegadaian dengan aplikasi ultra mikro yang memungkinkan sales Pegadaian menawarkan tidak hanya produk Pegadaian, tetapi juga dapat menawarkan produk holding ultra mikro lainnya.

"Sehingga semakin banyak pilihan produk untuk keperluan nasabah ultra mikro," kata Yudi dalam keterangan resminya kepada Kontan.co.id, belum lama ini.

Baca Juga: Tidak Hanya Pinjaman, PNM Digi Turut Edukasi Nasabah dengan Fitur Media Learning

Yudi menjelaskan, Pegadaian Selena berfungsi untuk mencatat seluruh aktivitas yang dilakukan oleh tenaga pemasar mulai dari prospecting, approaching terhadap nasabah.

"Sebagai contoh jika bertemu dengan nasabah yang membutuhkan pinjaman jangka pendek dapat ditawarkan produk gadai," jelas dia.

Jika nasabah memerlukan pinjaman jangka panjang, kata Yudi, maka dapat ditawarkan Kupedes BRI. Apabila nasabah berkelompok, maka dapat ditawarkan produk PNM Mekaar.

Adapun mekanisme layanan atau fasilitas selena Pegadaian terdapat dua metode yakni canvassing dan follow up leads CRM.

Untuk metode canvassing, sales Pegadaian melakukan prospek secara langsung kepada calon nasabah berupa visit/flyering yang ditemui seperti di pasar, sentra UMKM dan tempat ramai lainnya.

"Untuk metode follow up leads CRM, sales Pegadaian mendapatkan daftar hot leads untuk kemudian dapat di-follow up," jelas Yudi.

Lebih lanjut, setiap tahapan aktivitas sales di Selena diatur dengan SLA (Service-Level Agreement) untuk menjaga waktu layanan.

Bukan hanya itu, seluruh respons dari calon nasabah di setiap langkahnya bisa dianalisis sebagai dasar peningkatan kapabilitas sales serta kebutuhan produk nasabah di masa yang akan datang.

Baca Juga: PNM Dorong Peran Perempuan Pertumbuhan Ekonomi Melalui Program Mekaar

Tentunya, terdapat keuntungan yang didapatkan bagi para pengguna Selena, antara lain setiap aktivitas sales tercatat.

"Maka dapat memberikan solusi yang pas untuk setiap kebutuhan nasabah sesuai dengan profil nasabah yang tepat," ucap Yudi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×