kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,29   2,96   0.33%
  • EMAS1.310.000 -0,23%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Asippindo Tingkatkan Dukungan dalam Pengembangan UMKM


Kamis, 16 November 2023 / 17:20 WIB
Asippindo Tingkatkan Dukungan dalam Pengembangan UMKM
ILUSTRASI. Penjaminan Kredit --- Aktivitas pelayanan di kantor Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo), Jakarta, Selasa (22/5). Jamkrindo menargetkan nilai penjaminan kredit 2018 sebesar Rp 156 triliun. Nilai ini naik Rp 26 triliun dibandingkan realisasi pada tahun lalu yang hanya Rp 130 triliun. Hingga kuartal I 2018, Jamkrindo telah menjaminkan kredit senilai Rp 51 triliun untuk Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan sisanya Non-KUR. KONTAN/Cheppy A. Muchlis/22/05/2018


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Dina Hutauruk

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asosiasi Perusahaan Penjaminan Indonesia (Asippindo) berupaya meningkatkan kontribusinya dalam pengembangan industri penjaminan di Tanah Air. Pasalnya, peran perusahaan penjaminan sangat diperlukan mendorong akses keuangan bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Ketua Asippindo Ivan Soeparno mengatakan, aksesibilitas finansial masih menjadi tantangan utama pelaku UMKM. Meski UMKM memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi, UMKM sering kali menghadapi kesulitan dalam memperoleh akses ke pembiayaan untuk mengembangkan dan mempertahankan bisnis mereka, khususnya karena ketiadaan dan kurangnya jaminan yang dimiliki.

Akibatnya, UMKM seringkali terhambat dalam mengembangkan usaha mereka terpaksa mencari sumber pembiayaan alternatif dengan suku bunga yang tinggi yang pada akhirnya menggerus potensi mereka untuk bertumbuh.

"Perusahaan penjaminan memiliki peran strategis dalam mendukung pertumbuhan ekonomi sektor riil di Indonesia sebagai jembatan bagi UMKM untuk mendapatkan pendanaan." kata dia dalam keterangan resminya, Kamis (16/11).

Baca Juga: Penjaminan KUR Jamkrindo Mencapai 60% dari Target

Dengan adanya fasilitas penjaminan maka aksesibilitas finansial pelaku UMKM semakin meningkat karena pelaku industri penjaminan telah membantu mengurangi risiko kredit yang mungkin timbul, sehingga lembaga keuangan menjadi lebih berani memberikan pembiayaan kepada UMKM.
 
Ivan bilang, perusahaan penjaminan berperan menjembatani UMKM dengan lembaga keuangan. Dengan adanya penjaminan kredit UMKM bisa mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan yang pada akhirnya membantu peningkatan aksesibilitas finansial UMKM. 

Gelar Seminar Penjaminan Kredit

Sebagai upaya untuk menjalin komunikasi yang lebih intensif dengan regulator dan berbagai lembaga lain dalam ekosistem industri lembaga jasa keuangan, baik bank maupun non bank, Asippindo akan menggelar seminar nasional bertajuk ‘Setengah Abad Penjaminan Kredit UMKM Berkontribusi Bagi Negeri’pada 17 November 2023.

Seminar yang akan digelar di  JW Marriot itu menghadirkan berbagai praktisi, profesional, regulator, pelaku industri penjaminan hingga akademisi.
Diantarnay Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia Airlangga Hartarto dan Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Penjaminan, dan Dana Pensiun Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Ogi Prastomiyono.  

Baca Juga: Manipulasi Laporan Keuangan Marak Terjadi di Industri BPR, Ini Akibatnya

”Asippindo merupakan bagian dari ekosistem industri keuangan dan ingin bersama-sama ikut berkontribusi membangun ekonomi negeri melalui model bisnis penjaminan,” ujar Ivan.

Ketua Penyelenggara Seminar Nasional Asippindo, Abdul Bari mengatakan, acara tersebut digelar dengan tujuan mendorong eksistensi dan peran Asippindo sebagai salah satu bagian dari ekosistem perekonomian nasional serta untuk menunjukkan kontribusi perusahaan penjaminan bagi pemberdayaan sektor UMKM.

"Kehadiran stakeholder, praktisi dan profesional di industri penjaminan dalam diskusi panel diharapkan dapat menjadi wadah untuk melakukan penguatan bisnis penjaminan  depannya." pungkasnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×