Reporter: Feri Kristianto |
JAKARTA. PT Asuransi Sinar Mas menambah daftar panjang asuransi umum yang ekspansi ke daerah. Tahun ini mereka akan membuka 25 kantor pemasaran di luar Jawa Bali. Masing-masing kantor pemasaran menelan dana Rp 250 juta.
"Kebetulan rekanan kami di daerah juga sudah siap membantu," jamin Dumasi Marisina Magdalena Samosir, Direktur Asuransi Sinar Mas, Kamis (26/1).
Menurutnya, kontribusi daerah selama ini belum terlalu besar. Namun seiring waktu, porsi daerah akan bisa mengimbangi premi Jawa Bali. Apalagi tahun ini, produk-produk ritel yang ada akan makin digencarkan. Sinar Mas melihat, produk ritel seperti asuransi mobil dan gadget sangat cocok untuk pasar daerah. Meski begitu, potensi properti juga besar.
Andalan Sinar Mas untuk mengerek kontribusi premi daerah seperti Simas Mobil. Tahun lalu, kontribusi produk ini masih kecil yaitu Rp 5 miliar. Masih jauh dari target jangka panjang akan memberikan kontribusi hingga Rp 100 miliar. Selain itu asuransi gadget Sinar Mas, kontribusinya tahun lalu cuma Rp 3 miliar. "Tapi ke depannya produk seperti inilah banyak dicari masyarakat di daerah," terangnya.
Sepanjang 2011 lalu, premi Sinar Mas mencapai Rp 3,7 triliun alias tumbuh 15% dari tahun sebelumnya. Kontribusi premi masih dominan dari properti dan kebakaran sebesar 40%, asuransi kendaraan bermotor 25%, asuransi kesehatan 15%. Sisanya dari asuransi aneka, asuransi pengangkutan, engineering.
Tahun lalu, perusahaan asuransi ini berhasil mejaring laba Rp 300 miliar. Angka tersebut melonjak 100% dari posisi sebelumnya.
Peningkatan ditopang kinerja asuransi mobil. Selain itu, klaim rasio juga membaik karena minimnya bencana. Tahun ini, Sinar Mas menargetkan laba naik 17% dari tahun sebelumnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News