Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Dupla Kartini
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Axa Mandiri Financial Services memproyeksikan potensi bisnis dari saluran bancassurance masih cukup cerah di tahun depan. Meski ada pula tantangan di kanal bisnis ini.
Director Of In Branch Channel Axa Mandiri Tisye Diah Retnojati menilai, kanal pemasaran bancassurance masih punya peluang untuk terus tumbuh positif di 2018. Diantaranya dari angka penetrasi yang masih terbilang rendah, sehingga bisa menjadi peluang untuk dimaksimalkan.
Meski begitu, ia mengakui ada tantangan yang makin besar bagi kanal ini. Diantaranya, perkembangan teknologi yang memudahkan nasabah bank dalam memenuhi kebutuhannya. "Diantaranya dengan adanya mobile banking apakah nasabah masih rutin datang ke kantor bank untuk bisa ditawarkan produk asuransi?" katanya, belum lama ini.
Namun hal ini disebutnya belum jadi masalah yang besar dalam waktu dekat. Soalnya, kata Tisye, setidaknya penetrasi bancassurance sendiri masih terbilang kecil. Artinya, masih banyak nasabah yang sering datang ke kantor bank untuk ditawarkan produk asuransi.
Selain itu, pemahaman terhadap perlindungan asuransi juga terus meningkat. Hal ini bisa jadi pendorong minat nasabah untuk membeli produk asuransi.
Saat ini, kanal bancassurance lewat in branch masih jadi kontributor terbesar bagi bisnis Axa Mandiri. Menurut Tisye, saluran ini masih menyumbang 80% dari premi yang didapat perusahaannya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News