kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45863,29   1,62   0.19%
  • EMAS1.361.000 -0,51%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bank Danamon Proyeksikan Pembiayaan KPM Prima Tembus Rp 1,5 Triliun pada Akhir 2024


Selasa, 04 Juni 2024 / 19:35 WIB
Bank Danamon Proyeksikan Pembiayaan KPM Prima Tembus Rp 1,5 Triliun pada Akhir 2024
ILUSTRASI. Kantor cabang Bank Danamon. Bank Danamon Proyeksikan Pembiayaan KPM Prima Tembus Rp 1,5 Triliun pada Akhir 2024


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID-JAKARTA. PT Bank Danamon Tbk (Danamon) mencatat, kinerja KPM Prima di bulan April 2024 cukup menggembirakan. 

Hal ini terlihat pada April 2024, produk KPM Prima telah mencatat kenaikan 30% lebih secara tahunan dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, dan pada bulan Mei 2024, kinerja KPM Prima tersebut terus meningkat lebih dari 36% menjadi di atas Rp 105 miliar dibandingkan bulan sebelumnya di April 2024. 

Ivan Jaya, Consumer Funding & Wealth Business Head Bank Danamon mengatakan, di awal tahun 2024 ini, kinerja produk KPM Prima sempat mengalami tantangan terutama pada sekitar bulan Maret, yang dipengaruhi oleh periode pemilu dan bulan Ramadan, di mana masyarakat pada umumnya menahan konsumsi dan cenderung lebih memilih untuk menyimpan dana tunai ketimbang membeli kendaraan baru.

Baca Juga: Danamon Resmi Berikan Layanan Pembayaran BPJS Ketenagakerjaan

Asal tahu saja KPM Prima merupakan produk pembiayaan mobil/motor baik baru atau bekas dan mobil komersil, yang dikelola oleh Adira Finance yang ditawarkan kepada nasabah Danamon melalui cabang-cabang Danamon dan juga melalui aplikasi mobile banking Danamon yaitu D-Bank PRO, serta Website Danamon.

Ini merupakan sinergi antara Danamon, Adira Finance, dan jaringan global MUFG membentuk kolaborasi yang kuat untuk mendukung setiap bagian dari ekosistem industri otomotif dari hulu ke hilir melalui kredit kendaraan bermotor untuk end consumer yakni KPM Prima. 

"Secara umum, Danamon optimis bahwa tren pembiayaan otomotif di Indonesia hingga akhir tahun akan terus meningkat, dengan proyeksi pembiayaan KPM Prima hingga Rp 1,5 triliun di akhir tahun 2024, atau tumbuh di atas 60% dibandingkan dengan pencapaian tahun sebelumnya," ucap Ivan kepada kontan.co.id, Selasa (4/6).

Baca Juga: Penyaluran Kredit Modal Kerja Bank Danamon (BDMN) Tumbuh 12% pada Kuartal I-2024

Tren kinerja positif KPM Prima disebut Ivan dari strategi yang pihaknya terapkan demi meningkatkan penetrasi pasar kredit kendaraan bermotor, utamanya melalui pendekatan berbasis ekosistem untuk mendapatkan engaged customer melalui kemitraan strategis dengan MUFG, serta upaya untuk memperdalam keterlibatan nasabah dengan membangun ekosistem digital yang menghubungkan produk dan layanan Consumer Banking dengan siklus hidup nasabah, misalnya otomotif.

Selain dengan MUFG, Danamon juga terus bekerja sama dengan Adira Finance. Contoh nyata hal ini adalah kerja sama Danamon bersama Adira Finance dan didukung oleh MUFG dengan untuk menyelenggarakan salah satu event otomotif terbesar di Indonesia, yaitu Indonesia International Motor Show (IIMS) di Jakarta dan Surabaya, sejak tahun 2022 dan akan terus berlangsung hingga 2026.

Selain menetapkan nama grup finansial Danamon sebagai Bank pilihan ekosistem industri otomotif Indonesia, tentunya event ini telah berperan besar dalam peningkatan kinerja produk KPM Prima. 

Baca Juga: Sejumlah Bank Mendulang Cuan dari Penjualan Surat Berharga Pemerintah

"Contoh lain sinergi dari grup kami adalah keterlibatan Danamon dalam acara tahunan Adira Finance yaitu Adira Fest, dan masih banyak lagi. Pada acara-acara ini, kami menghadirkan penawaran KPM Prima dengan rate khusus yang tentunya menarik dan menguntungkan para pengunjung dan nasabah," katanya.

Ivan menambahkan, di luar dukungan pada event-event tertentu, Danamon selalu berupaya untuk menghadirkan solusi finansial yang mengutamakan nasabah, contohnya melalui pricing yang kompetitif di pasar, di mana saat ini suku bunga KPM Prima berada di 2,49% p.a dengan tenor 1 tahun.

"Ke depannya, Danamon akan terus menggunakan pendekatan ekosistem untuk menambah dan memperkuat kemitraan dengan berbagai dealer untuk menghadirkan program dan promo yang spesial bagi nasabah," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×