kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,29   2,96   0.33%
  • EMAS1.310.000 -0,23%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bank Digital Mulai Menghadirkan Layanan Pinjaman Online


Rabu, 19 Januari 2022 / 20:53 WIB
Bank Digital Mulai Menghadirkan Layanan Pinjaman Online


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank-bank digital di Tanah Air mulai berlomba-lomba menghadirkan pinjaman digital secara langsung. Kehadiran layanan-layanan ini bakal menjadi solusi untuk membantu masyarakat terhindar dari pinjaman online (pinjol) ilegal yang marak belakangan. 

Terbaru datang dari PT Bank QNB Indonesia Tbk (BKSW). Bank ini hadir dengan sesuatu yang berbeda dari kompetitornya. Jika yang lain berencana menghadirkan pinjaman online lewat aplikasi sendiri, bank ini justru tidak membuat aplikasi. Perseroan memilih menggandeng Indosat Ooredoo Hutchinson dalam menghadirkan layanan pinjaman online tersebut. 

Bank QNB dan Indosat Ooredoo Hutchinson meluncurkan pinjaman digital yang diberi nama UCan. Layanan ini hadir dalam ekosistem  Indosat Ooredoo Hutchinson dan hanya bisa diakses lewat aplikasi myIM3. Dengan begitu, kerjasama ini bersifat ekslusif dimana UCan hanay diperuntukkan bagi pengguna Indosat. 

Pinjaman digital UCan menawarkan dua fitur yakni Tarik tunai dan Installment. Layanan tarik tunai menawarkan pinjaman dengan berbagai pilihan tenor. Sementara installment memungkinkan para pengguna untuk membeli beragam paket data  Indosat dengan harga, cicilan, dan masa berlaku yang bervariasi.

Baca Juga: Begini Target Kredit, DPK, dan NIM BTN Dalam Rencana Bisnis Bank (RBB) Tahun 2022

Geoffry Nugraha, Acting President Director Bank QNB Indonesia mengatakan, perkembangan teknologi yang begitu cepat mendorong perbankan untuk aktif melakukan kerjasama dengan perusahaan non bank. 

"Dalam hal ini kami memilih bekerjasama dengan perusahaan telekomunikasi yang memiliki akses yang luas terhadap masyarakat di Indonesia dimana penggunanya sudah lebih dari 100 juta. Kami meluncurkan digital lending UCan untuk pelanggan Indosat. Dengan kolaborasi ini, kami yang punya cabang terbatas bisa menjangkau populasi yang masih underbank di Indonesia," jelasnya saat peluncuran UCan di Jakarta, Rabu (19/1).

Rudiantara sebagai komisaris independen perusahaan hasil merger Indosat Ooredoo dan Hutchison mengatakan, kerjasama ini tentu akan membantu dalam menjalankan prinsip mengenal nasabah (Know Your Customer/KYC) perbankan. Ini merupakan prinsip yang dilakukan untuk mengetahui identitas nasabah dan mencegah resiko yang muncul ke depannya. 

Proses KYC akan lebih cepat dilakukan karena Indosat sudah memiliki data terkait siapa nasabah dan histori transaksi pembelian data yang bisa menggambarkan kemampuannya dalam melakukan cicilan ke depan.

"Kami sudah punya berapa data yang digunakan kostumer kami. Sehingga proses KYC bisa dilakukan dengan cepat dan tepat. Sehingga kolaborasi ini akan mempercepat  peningkatan inklusi dan literasi keuangan," jelasnya Rudiantara.

Sementara PT Bank Neo Commerce Tbk (BNC) akan meluncurkan pinjaman digital lewat aplikasi Neobank pada kuartal I 2022 ini.  Direktur Utama Bank Neo Commerce Tjandra Gunawan, mengatakan peluncuran fitur kredit tersebut merupakan salah satu langkah strategis pengembangan bisnis perusahaan dan juga memperluas layanan yang disediakan perseroan melalui aplikasi untuk menjawab kebutuhan nasabah.

Baca Juga: Pinjaman Digital Bank QNB Indonesia Khusus untuk Menyasar Pengguna Indosat

"Dengan hadirnya fitur Neo Pinjam (Neo Loan) tersebut, membuktikan bahwa BNC terus fokus melakukan pengembangan digital dan terus berinovasi memberikan layanan dan produk perbankan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat,” kata Tjandra dalam keterangan resminya, Selasa (18/1).

Fitur kredit ini menyasar masyarakat menengah ke bawah dan rencananya akan meluncurkan tiga jenis kredit langsung, yaitu kredit cicilan (Cash Installment), payday loan (Instant Cash) dan juga Buy Now Pay Later (BNPL).  

Untuk kuartal pertama di tahun 2022 BNC akan mulai dengan kredit cicilan dengan tenor 2 bulan sampai 24 bulan dan jumlah pencairan mulai dari Rp 2 juta sampai dengan Rp 15 juta. 




TERBARU

[X]
×