kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bank Mandiri buka layanan untuk Pelindo II dan IV


Kamis, 07 Juni 2012 / 16:53 WIB
Bank Mandiri buka layanan untuk Pelindo II dan IV
ILUSTRASI. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengikuti?pertemuan KTT G20 tahun 2020 secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, 22 November 2020.


Reporter: Astri Kharina Bangun |

JAKARTA. PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) memberikan layanan sistem pembayaran online untuk transaksi pembayaran jasa untuk PT Pelindo II dan PT Pelindo IV. Fasilitas ini diharapkan dapat mempercepat dan meningkatkan efisiensi penggunaan jasa pelabuhan.

"Para pengguna jasa pelabuhan dapat melakukan pembayaran secara online mulai 11 Juni 2012," ujar Direktur Institutional Banking Bank Mandiri Abdul Rachman usai penandatanganan kerja sama dengan Pelindo II dan Pelindo IV, Kamis (7/6).

Menurut Abdul, kerja sama ini akan membantu pengembangan pelabuhan dan mendorong peningkatan transaksi perdagangan di Indonesia. Baik perdagangan nasional, maupun internasional.

“Kami berharap sistem ini dapat meningkatkan efisiensi operasional pelabuhan dalam menghadapi berbagai tantangan ke depan, terutama pengelolaan pelabuhan yang menjadi salah satu tumpuan dalam peningkatan perdagangan internasional Indonesia,” kata Abdul.

PT Pelabuhan Indonesia II merupakan perusahaan milik negara yang mengelola 12 pelabuhan di wilayah Sumatra dan Jawa. Pelabuhan tersebut ialah Teluk Bayur, Jambi, Bengkulu, Palembang, Panjang, Pangkal Balam, Tanjung Pandan, Banten, Sunda Kelapa, Tanjung Priok, Cirebon, dan Pontianak.

Sementara itu, Pelindo IV mengelola 20 pelabuhan yang berada di Indonesia bagian timur seperti Makassar, Balikpapan, Samarinda, Ambon, Sorong, Jayapura, Nunukan, Manado, Biak, Merauke dan pelabuhan lainnya.

Lewat layanan transaksi online yang menggunakan sistem host to host ini, Pelindo II dan Pelindo IV akan mendapat informasi transaksi pembayaran dari pengguna jasa secara real time. Dengan demikian, proses rekonsiliasi pembayaran dapat segera dilakukan.

Sekedar catatan, sistem yang berada di Pelindo II dan IV sudah terintegrasi dengan Bank Mandiri. Untuk Pelindo II, selain penyediaan layanan Host to Host, dapat juga memanfaatkan fasilitas Auto Collection Mandiri Cash management dan Mandiri Click Pay.

“Kami berharap jaringan dan teknologi yang dimiliki Bank Mandiri dapat menjadi solusi keuangan yang tepat untuk meningkatkan kinerja Pelindo II,” ujar Direktur Keuangan PT Pelindo II Mulyono.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Keuangan PT Pelindo IV Sumardiyo menyampaikan pihaknya terus berupaya meningkatkan pelayanan bagi para pengguna jasa pelabuhan.

“Kami berharap transaksi pembayaran jasa pelabuhan dapat semakin mudah dan cepat sehingga mendukung perkembangan bisnis Pelindo IV maupun bisnis pengguna fasilitas pelabuhan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×