kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bank Mandiri tak menambah pencadangan untuk antisipasi dampak corona


Kamis, 05 Maret 2020 / 18:44 WIB
Bank Mandiri tak menambah pencadangan untuk antisipasi dampak corona
ILUSTRASI. Petugas melayani nasabah di banking hall KCP Bank Mandiri Bendungan Hilir, Jakarta, Jumat (3/1).Bank Mandiri tak menambah pencadangan untuk antisipasi dampak corona./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/03/01/2020


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk masih akan terus mewaspadai dampak virus corona terhadap kemampuan membayar debitur yang bisa berdampak terhadap pemburukan kualitas kredit ke depan. Bank ini akan memperkuat antisipasi dengan melakukan restrukturisasi terhadap debitur di sektor yang terdampak langsung yang yang berkaitan dengan pariwisata.

Bank ini memandang ada potensi kenaikan rasio kredit macet (non performing loan/NPL) jika wabah corona masih terus berlanjut. Sementara sepanjang dua bulan pertama tahun ini, virus tersebut belum berdampak terhadap NPL perseroan.

Baca Juga: OJK siapkan relaksasi bagi bank untuk hadapi dampak corona, apa saja isinya?

Meski ada potensi meningkatnya resiko kredit, Bank Mandiri tidak berencana untuk menambah pencadangan tahun ini sebagai antisipasi akibat wabah itu. Sebab menurut Direktur Manajemen Risiko Ahmad Siddik Badruddin, dampak corona yang bersifat sementara. Sedangkan peningkatan pencadangan dilakukan bank jika memang ada potensi kerugian secara permanen.

"Tahun ini kami menaikkan pencadangan untuk mengantisipasi PSAK71. Coverage CKPN kita sekarang sudah 262%, sudah lebih dari cukup. Tidak ada kebutuhan meningkatkan pencadangan," jelas Siddik di Jakarta, Kamis (5/3).

Dia menambahkan, sejauh ini belum ada debitur Bank Mandiri yang datang meminta restrukturisasi kredit sebagai dampak dari virus corona. Namun, pihaknya akan memperkuat monitoring terhadap bisnis debitur terutama yang berkaitan dengan sektor pariwisata. Jika ada yang mengalami kesulitan cashflow, perseroan akan langsung melakukan restrukturisasi sebelum berkembang menjadi kredit macet.

Royke Tumilaar, Direktur Utama Bank Mandiri mengatakan, dengan kondisi yang ada saat ini, bank tidak bisa berdiam diri meskipun belum terjadi kredit macet. Debitur perhotelan yang sudah mengalami penurunan okupansi dan bisnis restoran yang omsetnya sudah menurun akan langsung direstrukturisasi meski belum sampai mengalami kredit macet.

Baca Juga: Implementasi Qanun, BRIsyariah Kerjasama dengan Dirjen Badan Peradilan Agama MA

"Sejauh ini memang belum ada yang mendorong kenaikan kredit macet. Tapi action sudah harus diambil. Walau belum ada kredit macet, kita sudah antisipasi," katanya.

Adapun porsi kredit yang berkaitan dengan sektor pariwisata di Bank Mandiri masih kecil, hanya di bawah 30% dari total kredit perseroan. Sebelumnya, Royke sempat menyebut dampak virus corona bisa berpotensi menaikkan NPL 0,2%-0,3%.




TERBARU

[X]
×