kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45916,25   -4,93   -0.53%
  • EMAS961.000 0,42%
  • RD.SAHAM 0.08%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.03%

Bank Mandiri tawarkan bunga KPR mulai 4,59% Fix setahun hingga 8,8% tetap 10 tahun


Rabu, 07 Oktober 2020 / 11:21 WIB
Bank Mandiri tawarkan bunga KPR mulai 4,59% Fix setahun hingga 8,8% tetap 10 tahun
ILUSTRASI. KPR Bank Mandiri


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perbankan tengah berupaya menggairahkan pasar properti yang tengah melambat di tengah tekanan pandemi Covid-19. Melambatnya penjualan properti telah berimbas pada lesunya penyaluran Kredit Kepemilikan Rumah (KPR). 

Strategi dari sisi bunga KPR merupakan salah satu langkah bank menggairahkan pasar. Saat ini, bank berlomba-lomba menawarkan program bunga KPR untuk mendorong penjualan properti dan penyaluran KPR di tengah tren penurunan suku bunga acuan Bank Indonesia dimana sepanjang tahun ini sudah turun 1% ke level 4% 

Ada bank yang memilih menawarkan KPR berbunga rendah tetap namun hanya berlaku setahun tiga tahun saja. Ada pula yang memilih memberikan kepastian pada nasabah bunga agak lebih tinggi namun berlaku tetap hingga 10 tahun. 

Baca Juga: Sedang mencari KPR? simak deretan promo dari sederet bank ini

Bank Mandiri memilih  menawarkan beberapa variasi program bunga KPR yang bisa dijadikan pilihan para calon pembeli rumah. Untuk yang terendah, perbankan pelat merah ini menawarkan bunga KPR 4,59% tetap selama setahun dan 6,86% fixed lima. 

Sementara untuk memberikan kepastian cicilan rumah dalam jangka waktu lama, bank pelat merah ini menawarkan bunga 8,88% fix selama 10 tahun bagi karyawan Bank Mandiri dan 9,9% tetap selama 10 tahun untuk umum. 

Program bunga KPR Bank Mandiri ini akan berlaku hingga bulan Oktober ini dalam rangka ulang tahun perseroan ke 22. Promo bunga itu akan dikemas juga dengan diskon biaya provisi dan asuransi hingga 22%. 

EVP Consumer Loans Bank Mandiri Ignatius Susatyo Wijoyo mengatakan, program bunga KPR ini dilakukan terbatas satu bulan untuk menggairahkan pasar. Perseroan menyadari bahwa dengan hanya mengadalkan penjualan online tidak akan terlalu efektif untuk mendongkrak penyaluran KPR. 

"Jadi kami memberikan pilihan bagi end user yang mau beli rumah. Kalau mau bunga murah sekarang saatnya," ujar Satyo pada Kontan.co.id, Selasa (6/10).

Baca Juga: Ini alasan bank akan lebih gencar menambah ATM setor tarik

Bank Mandiri menawarkan beberapa pilihan promo bunga KPR karena menyadari bahwa masing-masing orang punya kondisi cash flow yang berbeda-beda. Menurut Satyo, bagi orang yang punya arus kas ketat saat ini tapi ada potensi memiliki kemampuan mencicil lebih besar ke depan maka pilihan bunga paling rendah yang berlaku setahun bisa jadi pilihan.

Adapun bagi orang yang bisa menakar bahwa ke depan potensi kenaikan gajinya tidak akan tinggi maka promo tetap yang berlaku selama 10 tahun paling cocok untuk mereka menurut Satyo.

Adapun bunga floating atau bunga mengambang KPR Bank Mandiri saat ini sekitar 11,9%. Khusus untuk program bunga 9,9% fixed 10 tahun kemungkinan besar akan diperpanjang sampai dengan akhir tahun. Untuk mendapatkan promo ini maka tenor KPR harus minimal sekitar 12-15 tahun.

 

Selanjutnya: Melihat gaya para bankir menjalankan pekerjaan mereka di tengah pandemi Covid-19

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×