kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45889,80   -6,05   -0.68%
  • EMAS1.327.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bank Mega Syariah Catatkan Penyaluran Pembiayaan Konsumer Rp 330 Miliar pada 2023


Kamis, 22 Februari 2024 / 12:44 WIB
Bank Mega Syariah Catatkan Penyaluran Pembiayaan Konsumer Rp 330 Miliar pada 2023
ILUSTRASI. Bank Mega Syariah


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID-JAKARTA. PT Bank Mega Syariah mencatat pertumbuhan positif dalam penyaluran pembiayaan konsumer pada 2023 dengan volume pembiayaan mencapai lebih dari Rp 330 miliar.

Pertumbuhan ini menunjukkan peningkatan sekitar 31% dari tahun sebelumnya.

Consumer Financing Business Division Head Bank Mega Syariah, Raksa Jatnika Budi menjelaskan, produk dengan kontribusi terbesar untuk pencapaian konsumer di 2023 adalah Flexi Mitra, yaitu produk pembiayaan tanpa agunan, dengan program SERABI atau Serba Murah Serba Bisa sebagai program yang menjadi booster kinerja konsumer.

"Program ini memberikan margin yang kompetitif dan tidak memperhitungkan kewajiban nasabah pada lembaga keuangan lainnya. Agar manfaat dari produk Flexi Mitra bisa dirasakan oleh masyarakat luas, kami telah bekerja sama dengan Group CT Corp dan Non-CT Corp terkait penyaluran pembiayaan ini,” ungkap Raksa.

Baca Juga: Intip Rekomendasi Saham dan Proyeksi IHSG Jika Pemilu Satu Putaran

Lebih lanjut Raksa mengatakan, kendati kredit konsumer mencatatkan perlambatan di Desember 2023, Bank Mega Syariah tetap optimistis terhadap bisnis di segmen konsumer pada tahun 2024.

"Hal ini tidak lepas dari hasil positif yang diraih Bank Mega Syariah pada pembiayaan konsumer sepanjang  tahun lalu," ujar Raksa dalam siaran pers, Kamis (22/2).

Sebagaimana diketahui, berdasarkan laporan Analisis Uang Beredar yang dirilis Bank Indonesia (BI), kredit konsumsi perbankan pada Desember 2023, turun menjadi 8,9% dibandingkan pertumbuhan pada November 2023 sebesar 9,1%.

Menghadapi tahun 2024, Bank Mega Syariah fokus meningkatkan perbaikan proses pembiayaan yang lebih cepat. Menurut Raksa, implementasi peningkatan pada sistem internal bank akan mendukung upaya tersebut.

Baca Juga: Bank Mega Syariah Catatkan Kenaikan Transaksi M-Syariah pada Libur Akhir Tahun 2023

“Dengan target pasar seluruh perusahaan CT Corp dan perusahaan mitra yang bekerja sama dengan Bank Mega Syariah, kami yakin dapat mempertahankan pertumbuhan positif dalam penyaluran pembiayaan konsumer di tahun 2024 ini,” Kata Raksa.

Bisnis konsumer Bank Mega Syariah juga didukung dengan beberapa produk program baru yang diluncurkan tahun ini.

Pertama adalah program Flexi Mitra Mabrur yaitu pembiayaan tanpa agunan untuk jasa pengurusan porsi haji khusus. Kedua, adalah program Flexi Home Extra yaitu pembiayaan refinancing untuk kebutuhan konsumtif halal lainnya dengan agunan rumah dan biaya admin hanya 0,5% dari plafon pembiayaan.

Ketiga, adalah program Flexi Home Benefit Plus, yaitu pembiayaan take over rumah dari Bank manapun dengan margin kompetitif, yang membantu masyarakat dalam menghadapi angsuran KPR yang semakin tinggi dan tidak tentu.

Baca Juga: Ada Sentimen Pemilu, Simak Saham-Saham Pilihan Analis di 2024

Program ini diyakini akan meningkatkan performa Bank Mega Syariah, terbukti dengan dalam 2 bulan sejak peluncuran program ini telah mencatat pembukuan pembiayaan sebesar Rp 24 miliar.

“Bank Mega Syariah tetap berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik dan solusi finansial yang inovatif bagi nasabahnya, serta turut mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui penyaluran pembiayaan yang bertanggung jawab dan berkelanjutan,” pungkas Raksa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×