kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Bank Panin resmi naik kelas menjadi bank BUKU IV


Selasa, 19 Maret 2019 / 16:09 WIB
Bank Panin resmi naik kelas menjadi bank BUKU IV

Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Tendi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jumlah bank di tanah air yang masuk katergori bank umum kelompok usaha (BUKU) IV bertambah. PT Bank Pan Indonesia Tbk alias Bank Panin telah resmi naik kelas meramaikan jajaran bank dengan modal inti minimal Rp 30 triliun.

Bank Panin resmi menjadi bank kategori BUKU IV setelah mendapatkan surat penetapan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada awal Maret 2019. "Bank Panin sudah efektif menjadi BUKU IV sejak 1 Maret 2019." ungkap Jasman Ginting, Sekretaris Perusahaan Bank Panin pada Kontan.co.id, Selasa (19/3).


Jasman mengatakan, bank berkode emiten BNPN ini belum memiliki rencana anyar terkait dengan kenaikan kelas tersebut. Hanya yang pasti Bank Panin akan memanfaatkan peluang apapun yang dimiliki oleh perbankan BUKU IV.

Adapun rencana bisnis tahun ini, Bank Panin menargetkan pertumbuhan di kisaran 8%. Target tersebut setara dengan realisasi kredit perseroan akhir tahun lalu yang tumbuh 8,06% secara year on year (yoy) menjadi Rp 151,56 triliun.

Tahun ini, Bank Panin masih akan fokus pada segmen komersial sebagai ujung tombak pembiayaan. Dalam portofolio bank ini tahun lalu, sebanyak 45% memang ada di sektor komersial. Untuk investasi, Jasman menambahkan pihaknya akan terus melakukan pengembangan di sektor IT.

Dengan naik kelasnya Bank Panin, maka jumlah bank BUKU IV saat ini sudah ada enam bank. Sebelumnya sudah ada lima bank yang berjejer di kelas ini yakni Bank BRI, Mandiri, BCA, BNI dan CIMB Niaga.



Video Pilihan

TERBARU

Close [X]
×