kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45961,57   16,83   1.78%
  • EMAS923.000 0,65%
  • RD.SAHAM -0.87%
  • RD.CAMPURAN -0.36%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.50%

Bank Rakyat Indonesia (BBRI) bidik pertumbuhan KPR 17% pada 2021


Selasa, 26 Januari 2021 / 17:09 WIB
Bank Rakyat Indonesia (BBRI) bidik pertumbuhan KPR 17% pada 2021
ILUSTRASI. Bank Rakyat Indonesia (BBRI) bidik pertumbuhan KPR 17% pada 2021.

Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) optimistis penyaluran Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) akan menggeliat. Tahun 2020 saja, bank pelat merah ini masih berhasil mencatatkan pertumbuhan KPR di tengah tekanan pandemi Covid-19.

Handayani Direktur Konsumer BRI mengatakan, perseroan membidik pertumbuhan KPR sekitar 15%-17% tahun ini. Untuk mencapai pertumbuhan tersebut, BRI mengawali tahun 2021 dengan menggelar pameran properti bertajuk KPR BRI Virtual Expo yang bakal berlangsung selama dua bulan sejak 26 Januari 2021. Pameran online ini diharapkan bisa membukukan transaksi KPR sekitar Rp 1 triliun.

"Mudahan-mudahan suku bunga terjaga dengan baik dan kondisi ekonomi semakin membaik. Jika itu terjadi kami optimis target pertumbuhan KPR tahun ini bisa tercapai. Adapun fokus pasar yang jadi target BRI adalah kalangan milenial pembeli rumah pertama," kata Handayani dalam paparan virtual, Selasa (26/1).

Sepanjang tahun 2020, BRI berhasil mencatatkan penyaluran KPR tumbuh sebesar 10,9% secara year on year (yoy). Peningkatan penyaluran KPR BRI tersebut jauh lebih tinggi daripada rata-rata industri.

Baca Juga: BRI gelar pameran KPR virtual, ada promo bunga KPR mulai dari 3,96%

Lantaran fokus pada pembeli rumah pertama maka ticket size KPR yang dibidik perseroan tahun ini sekitar  Rp 400 juta -Rp 2 miliar. Kisaran harga terebut dinilai paling banyak dicari para pembeli rumah untuk tujuan ditempati.

Menurut Handayani, pandemi Covid-19 pada tahun 2020 menyadarkan banyak orang terutama milenial bahwa rumah dengan suasana yang nyaman sangat dibutuhkan. Oleh karena itu, mereka yang sebelum sebelumnya ini menilai rumah belum kebutuhan mendesak mulai berubah dan mulai banyak mencari hunian.

"Itu mengapa kita penyaluran KPR kita akhir tahun kembali menggeliat setelah di awal pandemi lesu," kata Handayani.

KPR BRI Virtual EXpo diharapkan Handayani bisa menjawab kebutuhan para milenial tersebut. Dalam pameran ini, BRI berkolaborasi dengan pengembang menawarkan promo bunga kredit mulai dari 3,96% fix satu tahun dalam pameran ini.

Untuk tahun kedua dan ketiga, BRI memberikan bunga 8,16% dan tahun selanjutnya akan mengikuti bunga pasar atau floating. Adapun bunga floating BRI saat ini sekitar 12%-13%.

Pameran online ini diikuti sekitar 150 pengembang dengan jumlah proyek mencapai 233 proyek yang mencakup lebih dari 13.000 unit. Selain menawarkan proyek-proyek baru dari pengembang, BRI juga menawarkan properti lelang dalam pameran ini.

Selanjutnya: Bank penyalur KPR FLPP bertambah jadi 38, ini daftarnya

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×